Alihkan Bisnis Ritel, Link Net (LINK) Raup Rp 1,87 Triliun dari XL Axiata (EXCL)



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Link Net Tbk (LINK) telah menuntaskan transaksi penjualan dan pengalihan semua hak dan kepentingan segmen business to customer (B2C) alias ServeCo kepada PT XL Axiata Tbk (EXCL). Aksi korporasi tersebut membuat perseroan memperoleh dana Rp 1,87 triliun.

Sekretaris Perusahaan Link Net, Rininta Agustina Widya Pratika menjelaskan selain transaksi pengalihan ServeCo, LINK dan EXCL juga telah menyepakati perjanjian penyewaan jaringan Fiber to The home (FFTH).  

"Perseroan telah menyelesaikan transaksi pada 27 September 2024," jelasnya dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Senin (30/9).


Adapun LINK mengalihkan 750.000 pelanggan LINK ke EXCL, Broadband Network Gateway, software dan aplikasi yang dimiliki dan/atau dikembangkan oleh LINK terkait ServeCo, dan perangkat di tempat pelanggan. 

Baca Juga: Menakar Dampak Akuisisi Bisnis LINK pada Laba dan Pendapatan EXCL Jangka Panjang

Dalam keterbukaan informasi sebelumnya, manajemen LINK menjelaskan pihaknya bertransformasi menjadi perusahaan infrastruktur alias FiberCo dan fokus pada aktivitas inti pengembangan dan perluasan infrastruktur jaringan fixed line.

Transaksi ini akan berpengaruh terhadap kondisi keuangan LINK ke depannya, diantaranya LINK dapat menghasilan pendapatan dan laba bersih serta mampu mengurangi beban keuangan. 

Manajemen LINK memproyeksikan akan memperoleh pendapatan yang lebih tinggi dengan proyeksi kenaikan sebesar Rp 264 miliar per tahun dibanding tidak melakukan transformasi bisnis menjadi FiberCo. 

LINK juga diperkirakan dapat mengurangi beban keuangan rata-rata Rp 88 miliar per tahun. Alhasil, LINK memperkirakan akan memperoleh laba bersih yang lebih tinggi, dengan rata-rata kenaikan sebesar Rp 139 miliar per tahun. 

Selanjutnya: Banyak Pemda Akali Data Inflasi, Ekonom Beberkan Konsekuensinya ke Ekonomi Indonesia

Menarik Dibaca: Jawa Barat Waspada Bencana, Ini Peringatan Dini Cuaca Besok (1/10) Hujan Lebat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih