Alkindo Naratama (ALDO) menangkap peluang dari tren e-commerce dan bisnis FMCG



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Alkindo Naratama Tbk (ALDO) mencatatkan pertumbuhan penjualan yang positif di awal tahun 2021. Kinerja yang baik ini didorong dari tren penjualan e-commerce dan sektor fast moving consumer goods (FMCG) yang membutuhkan kemasan.

Dengan adanya peningkatan aktivitas jual-beli online ini, ALDO melihat peluang bisnis kemasan berikut dengan bahan bakunya.

Direktur Alkindo Naratama, Kuswara mengatakan sumber bahan baku dari bisnis pengiriman yang membutuhkan packaging bisa diproduksi dari anak usaha ALDO yaitu PT Eco Paper Indonesia (ECO).


Sebagai informasi, Eco Paper Indonesia memproduksi kertas bekas daur ulang atau recycled paper yang menjadi bahan baku perusahaan manufaktur corrugated box untuk membuat dus/packaging.

Baca Juga: Kinerja Alkindo Naratama (ALDO) di kuartal I 2021 terdongkrak, ini sebabnya

"Selain menyuplai bahan baku untuk perusahaan corrugated box, recycled paper, Eco Paper Indonesia juga menjadi salah satu sumber bahan baku untuk produk paper box dan paper bag yang diproduksi oleh Alkindo," jelasnya kepada Kontan.co.id, Jumat (11/6).

Untuk menangkap peluang bisnis yang gurih dari pertumbuhan belanja online serta food delivery yang pesat, ALDO sampai melakukan ekspansi yakni menambah mesin baru.

Kuswara mengatakan pada awal tahun 2021 Alkindo Naratama telah menambah beberapa mesin baru antara lain dua mesin Paper Box dengan kapasitas produksi 5-6 juta pieces (pcs) per mesinnya. Dengan ditambahnya mesin anyar ini, total produksi untuk paper box bisa mencapai 10-12 juta pcs per tahun.

 
ALDO Chart by TradingView

Editor: Yudho Winarto