Allianz borong 49% saham Hudson Yards



KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Allianz SE, perusahaan asuransi asal Jerman segera merampungkan akuisisi gedung perkantoran tertinggi kedua di New York, yaitu 30 Hudson Yards. Reuters melaporkan pada Sabtu (15/6) Allianz telah menyatakan pembelian 49% saham senilai US$ 384 juta ditambah mengambil alih sejumlah utang yang tidak disebutkan nilainya.

Aksi ini dilakukan Allianz untuk memiliki 26 lantai Hudsoon Yards yang sebelumnya dimiliki oleh AT&T milik WarnerMedia. AT&T sebelumnya mendapatkan Hudson Yards dari pembelian senilai US$ 25 miliar dari pengembangnya yaitu Related Companies dan satu investor yang dirahasiakan. 

Dalam transaksi tersebut Related juga sepakat untuk membeli kembali dan menyewakan ruangan Hudson dari AT&T. Pembangunan Kompleks Hudson Yards memang dipelopori Related dan turut melibatkan bank-bank asal Jerman, Amerika, Belanda, Jepang, dan Prancis.

Sementara di lain pihak, WarnerMedia dalam pernyataan resmi menyatakan pihaknya akan menyelesaikan penjualan ruangan Hudson dengan nilai US$ 2,2 miliar dan akan mulai menyewakannya pada 2034.

Sedangkan dalam pernyataan resminya, Alianz bilang aksi ini juga membuat New York menjadi kota penting kelima bagi portofolio propertinya. Pada 2016 lalu, Allianz juga telah mengempit 44% kepemilikan 10 Hudson Yards dari peritel Coach yang kini bernama Tapestry Inc.

Dalam kedua transaksi ni sendiri baik WarnerMedia maupun Coach sendiri akan menyewakan kembali properti yang mereka jual ke Allianz. Sementara secara total, atas kedua transaksi tersebut Allianz mendapatkan ruang seluas 2,6 juta kaki persegi, dimana 1,46 juta kaki persegi merupakan balkon luar ruang, dan yang tertinggi di Manhattan, New York. 

Pelelangan tersebut juga berlangsung cukup sengit, terhitung 10 korporasi besar ikut jadi peserta.

Transaksi antar WarnerMedia dengan Allainz pun masih melibatkan Related sebagai pengembang. CEO Allianz Real Estate of America Christoph Donner bilang, hal tersebut juga memungkinkan perusahaan dapat mengetahui potensi penyewaan ruangan secara langsung.

“Ini telah menjadi daya tarik yang luar biasa bagi turis, New York merupakan kota yang besar dan akan terus berkembang untuk menciptakan minat bagi penyewa dan turis,” kata Donner.

Editor: Tendi Mahadi