Allianz Life targetkan penambahan premi baru Rp 700 miliar tahun ini



JAKARTA. Jalur distribusi keagenan dalam pemasaran produk asuransi masih jadi andalan PT Allianz Life Indonesia. Buktinya, pendapatan premi bisnis baru (annualized new premium/ANP) yang dilego lewat agen mencetak angka menggiurkan, yakni Rp 520,4 miliar hingga akhir 2010 atau tumbuh 27,5% dibandingkan 2009 lalu.

Tak heran, seperti disampaikan Direktur Utama Allianz Life Joachim Wessling, pihaknya berani mematok pertumbuhan pendapatan premi dari jalur distribusi keagenan sebanyak 34,5% atau menjadi Rp 700 miliar pada tahun ini.

“Dengan sebagian besar polis yang terjual dari jalur distribusi keagenan adalah produk asuransi jiwa unit linked premi berkala, baik pada lini konvensional maupun syariah,” tutur dia dalam siaran persnya kepada KONTAN, kemarin (8/2).


Sepanjang 2010 lalu, Allianz Life tercatat mengantongi premi bruto dari jalur distribusi keagenan sebesar Rp 1,29 triliun. Pencapaian itu mencerminkan pertumbuhan sebanyak 28% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Selain itu, kami juga berkomitmen terus mengembangkan keagenan, mengingat perannya dalam meningkatkan kesadaran dan mengedukasi masyarakat terhadap asuransi,” terang Wessling.

Hal senada diungkapkan Chief Distribution Officer Allianz Life Handojo Kusuma. Menurut dia, pihaknya menargetkan perkuatan bisnis dari jalur distribusi keagenan, sebagai salah satu jalur pemasaran utama produk asuransi Allianz. Maklum, Allianz mencatat, jalur distribusi keagenannya berhasil berkontribusi hingga 30% dari total pendapatan premi bruto perusahaan.

Karenanya, Allianz akan menggeber jumlah tenaga penjualan bersertifikat menjadi 16.000 orang hingga akhir tahun ini. Upaya tersebut sekaligus untuk meningkatkan pencapaian target premi bisnis baru sebesar Rp 700 miliar.

“Kami yakin, jalur keagenan bakal bertumbuh pesat di 2011. Kami akan fokus untuk mengembangkan level kompetensi dan layanan prima agen kami kepada nasabah melalui sertifikasi dan pelatihan yang komprehensif,” ujarnya.

Bersamaan dengan itu, Wessling menyatakan, per 1 Januari 2011 lalu, Allianz Life memperkenalkan Allianz Star Network (ASN) sebagai identitas dan sistem keagenan yang solid, termasuk memberikan standar pelayanan tinggi.

Peluncuran ASN sendiri telah diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia dengan sosialisasi meliputi seluruh agen Allianz di 13 kota besar di Indonesia. Antara lain, Surabaya, Batam, dan Jakarta.

“Komitmen kami, mengembangkan bisnis keagenan di bawah sistem ASN. Dengan ASN, kami ingin memperkuat posisi sebagai mitra terpercaya di bidang asuransi,” tambah Wessling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia