Allianz Syariah Luncurkan Produk AlliSya Flexi Medical Syariah, Ini Keunggulannya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) meluncurkan produk asuransi kesehatan berbasis syariah terbaru, yaitu AlliSya Flexi Medical Syariah. Produk ini hadir sebagai asuransi kesehatan unitlink rider, yang menawarkan perlindungan kesehatan dengan prinsip-prinsip syariah.

Himawan Purnama, Country Chief Product Officer Allianz Life Indonesia, menjelaskan bahwa AlliSya Flexi Medical Plan (AFM Plan) merupakan rider atau manfaat tambahan dari Allianz Syariah yang dirancang untuk melengkapi produk asuransi jiwa unitlink yang sudah ada. Peluncuran produk ini dipicu oleh meningkatnya klaim asuransi kesehatan di Indonesia.

"Peluncuran produk ini didorong oleh kekhawatiran kami atas peningkatan klaim asuransi kesehatan di Indonesia," ujar Himawan saat memperkenalkan Flexi Medical Plan pada Kamis (19/9).


Baca Juga: Premi Asuransi Umum di Indonesia Tumbuh Pesat, Tantangan Ekonomi Tetap Menghantui

Berdasarkan data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pada Semester I-2024, klaim asuransi kesehatan mengalami kenaikan sebesar 26% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Inflasi Biaya Medis dan Kebutuhan Perlindungan Kesehatan

Himawan menilai bahwa peningkatan klaim asuransi kesehatan ini disebabkan oleh inflasi biaya medis yang diperkirakan naik sekitar 13% di Indonesia. 

Selain itu, data klaim kesehatan dari Allianz menunjukkan adanya peningkatan kasus klaim untuk penyakit kritis yang sebelumnya lebih sering dialami oleh generasi tua, namun kini banyak terjadi pada nasabah berusia di bawah 40 tahun.

Dalam dua tahun terakhir (2021-2023), tiga penyakit kritis dengan klaim tertinggi di Allianz Indonesia adalah penyakit paru-paru, ginjal, dan kanker. 

Himawan mengungkapkan bahwa jumlah kasus klaim untuk nasabah di bawah 40 tahun meningkat secara signifikan. Kasus klaim penyakit paru-paru meningkat sebesar 108% dengan 2.300 kasus, ginjal meningkat 161% dengan 2.100 kasus, dan kanker naik 167% dengan 1.900 kasus.

Baca Juga: Tingkatkan Cashless Klaim, Allianz Life Syariah Gandeng Pihak Ketiga

Solusi Perlindungan Kesehatan Berbasis Syariah

Melihat tren tersebut, Allianz Syariah mengedepankan pentingnya menyediakan solusi perlindungan kesehatan yang komprehensif bagi nasabah. Himawan menekankan bahwa semakin tingginya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya asuransi kesehatan membuat produk seperti Flexi Medical Plan menjadi solusi yang tepat.

Selain itu, Allianz Flexi Medical Plan juga mencakup biaya rawat inap dan pembedahan yang mungkin timbul. Produk ini dirancang dalam beberapa pilihan plan yang fleksibel, sehingga nasabah dapat memilih sesuai dengan kebutuhan perlindungan mereka.

Selanjutnya: Tol Kartasura-Klaten Beroperasi, Jokowi Resmikan Tol Solo-Yogyakarta Seksi I

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (20/9) Hujan Deras, Waspada Bencana di Provinsi Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .