Alternativa Film Awards bakal Kembali Hadir di Indonesia, Total Hadiah US$ 100.000



KONTAN.CO.ID - Alternativa Film Project, sebuah inisiatif film nirlaba global yang didirikan oleh perusahaan teknologi internasional inDrive, akan kembali menyelenggarakan Alternativa Film Awards di Indonesia.

Acara ini bertujuan untuk mendukung perkembangan industri film lokal dan akan digelar pada akhir November 2024.

Liza Surganova, Project Head Film Alternativa, menyatakan kegembiraannya dalam menyambut karya-karya sineas lokal berbakat yang mungkin kesulitan mendapatkan ruang eksplorasi dan apresiasi.


Alternativa Film Awards bersifat nomaden dan bertujuan memberikan penghargaan atas dampak sosial dari film-film industri yang sedang berkembang.

Alternativa Film Awards 2024 hadir sebagai perluasan program tahun sebelumnya, serta meluncurkan festival baru dan ajang penghargaan di Indonesia. Semua film terpilih dari para nominator akan diputar dalam festival ini.

Liza menjelaskan, Indonesia dipilih karena potensinya sebagai penghasil karya visual berkualitas mancanegara.

Baca Juga: Ada 6 Film Horor yang Berhasil Tembus Nominasi Oscar, Ini Daftarnya

Para pemenang akan dipilih oleh juri internasional yang terdiri dari sutradara dan produser film Asia serta tokoh masyarakat dan perwakilan LSM. Total hadiah mencapai US$ 100.000 (Rp 1,6 miliar).

Masing-masing pemenang mendapatkan US$ 20.000 (Rp 327 juta) untuk empat kategori film panjang, dan US$ 10.000 (Rp 163 juta) untuk dua pemenang dalam kategori film pendek.

Pendaftaran ajang penghargaan ini telah dibuka sejak 17 Juni 2024 dan akan ditutup pada 18 Agustus 2024. Detail karya yang akan dilombakan meliputi film panjang, dokumenter, animasi, dan film campuran.

Untuk kategori film pendek, pendaftaran diterima secara eksklusif dari Asia Tenggara dan kriteria lengkap dapat ditemukan di laman Alternativa Film Awards.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha