Amazon kembali menjadi merek paling berharga di dunia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Firma konsultasi dan valuasi merek, Brand Finance, kembali merilis daftar merek paling bernilai di dunia dalam laporan Brand Finance Global 500 2020. Urutan 10 besar didominasi oleh merek-merek dari dunia teknologi. 

Untuk tahun ini, brand yang duduk di posisi teratas adalah Amazon mengalahkan Google dan Apple yang masing-masing ada di ranking kedua dan ketiga. 

Menurut Brand Finance, Amazon adalah merek termahal di dunia dengan nilai mencapai US$ 220 miliar atau Rp 3.000 triliun. Angka tersebut naik 17,5% dibandingkan value Amazon pada tahun lalu, sekaligus mendudukkannya sebagai merek pertama yang menembus valuasi US$ 200 miliar. 

Baca Juga: Bisnis cloud Amazon bakal investasi di Indonesia

Alhasil, Amazon kembali duduk di urutan teratas merek paling bernilai di dunia menurut Brand Finance untuk tahun ketiga secara berturut-turut. 

Seperti dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (24/1), pertumbuhan Amazon antara lain didongkrak oleh pengembangan bisnis cloud, layanan streaming, berikut sektor elektronik konsumen dan logistik. 

Google di posisi kedua memiliki valuasi merek sebesar US$ 159,7 miliar setara Rp 2.100 triliun, lalu Apple di posisi ketiga dengan valuasi US$ 140,5 miliar atau Rp 1.900 triliun. 

Peringkat keempat dan kelima masih dikuasai oleh merek perusahaan teknologi, yakni Microsoft dengan valuasi US$ 117 miliar setara Rp 1.500 triliun, dan Samsung dengan nilai US$ 94,4 miliar dollar AS atau Rp 1.200 triliun. (Conney Stephanie)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kalahkan Google dan Apple, Amazon Jadi Merek Paling Mahal".

Editor: Anna Suci Perwitasari