Amerika Serikat Berharap pada Pulihnya Panen Kopi di Indonesia



KONTAN.CO.ID - Produksi kopi di Indonesia, salah satu dari lima pertanian terbesar di dunia, diperkirakan meningkat tajam pada tahun 2024/25 (April-Maret) dari buruknya panen pada tahun 2023/24.

USDA atau Departemen Pertanian Amerika memproyeksikan panen baru di Indonesia akan mencapai 10,9 juta karung berukuran 60 kg.

Baca Juga: Di Balik Kenaikan Harga Kopi


Jika dibandingkan dengan revisi penurunan produksi sebesar hanya 7,65 juta karung pada tahun 2023/24, yang merupakan panen terkecil dalam setidaknya enam tahun karena pola cuaca El Nino berdampak negative ke ladang kopi.

Kopi yang diproduksi di Indonesia sebagian besar merupakan jenis kopi Robusta, jenis yang banyak digunakan untuk membuat kopi instan.

Kekeringan yang disebabkan oleh El Nino pada musim lalu juga berdampak pada produksi kopi Robusta di Vietnam, sehingga menyebabkan harga global untuk jenis kopi tersebut mencapai titik tertinggi sepanjang masa.

USDA mengharapkan, pemulihan hasil pertanian di perkebunan kopi Robusta di Indonesia, serta hasil yang baik di daerah yang membudidayakan kopi arabika, varietas yang rasanya lebih lembut.

Baca Juga: Telat Panen, Ekspor Kopi Nasional Turun di Awal Tahun 2024

Namun USDA mengatakan bahwa panen kopi di Indonesia kemungkinan akan tertunda karena tanaman membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dari kekeringan musim lalu.

USDA memperkirakan panen akan meningkat pada bulan ini atau Juni, dibandingkan dengan waktu biasanya pada bulan Maret atau April.

Ekspor kopi hijau diproyeksikan mencapai 6 juta kantong pada tahun 2024/25 dibandingkan 4,28 juta kantong pada panen sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto