Amerika Serikat Luncurkan Vaksin Covid-19 untuk Anak-anak



KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) merekomendasikan vaksin Covid-19 untuk anak-anak usia enam bulan, yang memungkinkan peluncuran nasional mulai pekan depan.

Mengutip Reuters, Minggu (19/6), langkah CDC dilakukan setelah panel penasihat lembaga itu memberikan suara untuk merekomendasikan vaksin Covid-19 untuk anak-anak itu.

"Kami tahu jutaan orang tua dan pengasuh sangat ingin anak-anak mereka divaksinasi, dan dengan keputusan hari ini, mereka bisa melakukannya," kata Rochelle Walensky, direktur CDC, dalam sebuah pernyataan.

Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS pada hari Jumat mengizinkan suntikan Moderna Inc untuk anak-anak berusia enam bulan hingga lima tahun, dan vaksin Pfizer-BioNTech untuk anak-anak berusia enam bulan hingga empat tahun. 

Baca Juga: FDA AS Mengesahkan Dua Vaksin Covid-19 untuk Anak-anak di Bawah 5 Tahun

Sebelumnya, Vaksin Pfizer sudah disahkan untuk anak-anak di atas usia lima tahun.

"Infeksi ini membunuh anak-anak dan kami memiliki kesempatan untuk mencegahnya," kata Beth Bell, salah satu dokter di panel penasehat, setelah pemungutan suara. 

"Ini adalah kesempatan untuk mencegah risiko yang diketahui."

Menteri Pendidikan Miguel Cardona mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa langkah itu adalah tonggak bersejarah.

Pemerintahan Presiden Joe Biden berencana untuk meluncurkan vaksin ke kelompok usia di bawah lima tahun paling cepat minggu depan.

"Minggu mendatang, orang tua akan dapat mulai menjadwalkan janji temu di tempat-tempat seperti kantor dokter anak, rumah sakit anak, dan apotek," kata Biden dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu.

"Janji janji akan meningkat karena semakin banyak dosis yang dikirim, dan dalam beberapa minggu mendatang, setiap orang tua yang menginginkan vaksin akan bisa mendapatkannya. Saat program vaksinasi meningkat, Vaccines.gov akan ditayangkan minggu depan dengan ketersediaan vaksin dan janji meningkat sepanjang minggu."

Sementara banyak orang tua di Amerika Serikat sangat ingin memvaksinasi anak-anak mereka, tidak jelas seberapa kuat permintaan akan suntikan tersebut.  Vaksin Pfizer-BioNTech disahkan untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun pada bulan Oktober, tetapi hanya sekitar 29% dari kelompok itu yang sejauh ini divaksinasi sepenuhnya, menurut data federal.

Baca Juga: Kasus Positif Corona di Indonesia Naik Lagi, Ini Gejala Covid-19 Omicron BA.4 & BA.5

CVS Health Corp berencana untuk memberikan vaksin kepada anak-anak berusia 18 bulan ke atas, sementara Rite Aid Corp dan Walmart Inc berencana menawarkan suntikan ini untuk anak-anak yang berusia setidaknya tiga tahun. Bayi secara tradisional divaksinasi di kantor dokter.

Pejabat kesehatan masyarakat telah mendorong vaksinasi anak-anak menjelang tahun ajaran baru karena mereka berharap suntikan untuk kelompok usia akan membantu mencegah rawat inap dan kematian jika kasus Covid-19 meningkat lagi.

Covid-19 umumnya lebih ringan pada anak-anak. Namun, sejak Maret 2020, penyakit ini menjadi penyebab kematian kelima pada anak-anak berusia 1-4 tahun dan penyebab kematian keempat pada anak-anak di bawah satu tahun, menurut CDC.

Penasihat CDC akan bertemu lagi minggu depan untuk mempertimbangkan apakah akan mendukung penggunaan vaksin Moderna untuk anak-anak dan remaja berusia 6-17 tahun. 

Ada beberapa kekhawatiran tentang tingkat kasus radang jantung yang jarang terjadi pada remaja laki-laki dan laki-laki muda dari vaksin Moderna, dan para penasihat diharapkan untuk mempertimbangkan data tersebut.

Editor: Herlina Kartika Dewi