Analis: Hindari dulu saham-saham perbankan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (3/5) ditutup menurun ke level 2,55% ke level 5.858. Dalam perdagangan hari ini semua sektor kompak mencatatkan penurunan dengan sektor yang turun paling dalam adalah consumer goods, property, real estate dan konstruksi serta keuangan.

Hans Kwee, Direktur Investa Saran Mandiri mengatakan bahwa saat ini investor tengah melakukan stock picking dan melakukan balancing portofolio. Hanya, Hans mengatakan bahwa sebaiknya investor menghindari terlebih dahulu saham-saham perbankan.

"Sebaiknya kurangi dulu saham perbankan karena tahun lalu kinerja perbankan bagus sekali, kemungkinan bank tak bisa naik banyak tahun ini," kata Hans, Kamis (3/5).


Menurut Hans, selain pertumbuhan perbankan yang mungkin akan melambat Hans melihat adanya perlambatan ekspansi kredit dan juga adanya indikasi perpindahan dana perbankan ke bonds dan equity.

Namun demikian, Hans mengatakan bahwa hal ini bukan berarti investor harus menahan diri untuk membeli saham.

Beberapa saham menurutnya layak dikoleksi di saat indeks tengah mengalami pelemahan seperti saat ini. Investor dengan horizon investasi yang panjang bisa mengambil kesempatan apalagi PER IHSG sudah di bawah 19.

Jika indeks menyentuh angka 5.750, beberapa saham bisa dipilih seperti saham JSMR yang sudah terdiskon dengan adanya isu penurunan tarif jalan tol di awal tahun sehingga saham JSMR saat ini sudah cukup murah.

Selain itu, beberapa saham masih bisa dipilih seperti PTPP, WIKA, WSKT dan juga WTON. Menurutnya, saham-saham pilihannya tersebut bisa dikoleksi secara jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto