JAKARTA. Pendapatan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) di kuartal I tumbuh 9,15% dan pendapatan bersihnya tumbuh 10,4% secara year on year (yoy). Pertumbuhan pendapatan kuartal I itu ini dinilai tumbuh secara moderat. William Surya Wijaya, analis Asjaya Indosurya Securities bilang, pertumbuhan pendapatan SCMA dari iklan partai politik tahun 2014 ini tak sebesar tahun-tahun politik sebelumnya. "Umumnya capres maupun cawapres dari parpol tertentu cenderung menggunakan medianya sendiri, sehingga pendapatan iklan parpol tak begitu mendongkrak pemasukan iklan SCMA," tutur William, Rabu (23/4). Kalau pun pendapatan SCMA naik, lanjutnya, marjinnya hanya naik sedikit, sekitar dua persen dari pertumbuhan pendapatan tahun lalu. Justru pendapatan iklan SCMA terdorong dari iklan konsumen yang kian berkembang.
Adapun, penguatan rupiah turut menjadi otot penggerak pendapatan SCMA pada tahun ini. Dari laporan keuangan per kuartal satu 2014, SCMA membukukan laba bersih Rp 318,41 miliar. Sebagai perbandingan, tahun lalu laba bersih perusahaan pemegang hak siar SCTV ini tercatat Rp 291,71 miliar.