KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebaran virus corona belum kunjung mereda. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali menjadi kebijakan yang diambil untuk menanggulangi penyebaran tersebut. Berbeda dengan PSBB sebelumnya, pemerintah kali ini cenderung lebih longgar guna memastikan aktivitas ekonomi tetap bisa berjalan dan perlahan pulih. PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) dianggap menjadi salah satu emiten yang diuntungkan dengan PSBB yang lebih longgar. Hal tersebut diungkapkan oleh analis Mirae Asset Sekuritas Christine Natasya. Dalam risetnya pada 4 Agustus 2020, selama PSSB transisi, beberapa rumah produksi bisa melanjutkan produksi konten baru dengan penerapan protokol kesehatan.
Baca Juga: IHSG melaju lagi 0,78% ke 5.093,10, Senin (12/10), net sell asing Rp 104,93 miliar Misalnya, Sinemart yang memproduksi sinetron Anak Band untuk SCMA. Christine melihat ada potensi minat pengiklan, khususnya yang built-in, akan naik seiring produksi yang mulai kembali berjalan. Oleh sebab itu, keberhasilan SCMA melakukan efisiensi pada kuartal II-2020 kemarin akan membuat biaya program baru tidak membebani margin mereka secara keseluruhan pada tahun ini “Walau meningkat, pada paruh kedua tahun ini, kami melihat potensi pertumbuhan iklan free-to-air (FTA) TV masih cenderung rendah. Seiring para pengiklan juga berusaha menutupi kerugian pada semester I-2020, sehingga pengeluaran besar untuk iklan di televisi kemungkinan tidak akan terjadi. Barulah pada tahun depan, pertumbuhannya akan tinggi,” tulis Christine dalam risetnya.