Anas siap memenuhi panggilan KPK



JAKARTA. Tersangka kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait pengadaan sarana dan prasarana olahraga Hambalang , Anas Urbaningrum siap memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kesiapan dari mantan Ketua Umum partai Demokrat itu disampaikan oleh pengacaranya, Firman Wijaya. "Pada prinsipnya Pak Anas siap memenuhi panggilan pemeriksaan aspek keadilan," tegas Firman kepada wartawan di Kantor KPK, Jakarta, Jumat (3/1).

Walau telah menyatakan kesiapan Anas dipanggil KPK, namun Firman mengaku sedang membicarakan dengan Anas, terkait sikap Anas memenuhi panggilan KPK itu atau tidak. "Kami sedang berbicara dengan Pak Anas Urbaningrum," ujar dia.


Ketika dikonfirmasi wartawan apakah Anas siap jika setelah pemeriksaan, kemudian KPK melakukan penahanan terhadap Anas, Firman bilang kliennya tetap menghormati proses hukum yang berjalan.

Namun demikian, lanjut Firman, keadilan jauh lebih penting. Menurut Firman, pembuktian keterlibatan Anas dalam kasus tersebut belum cukup kuat. "Saya rasa begini ya, saya membuat beberapa matriksnya ya. Dari matriks ini kelihatan sebenarnya perjalanan status Pak Anas dari aspek pembuktian itu meragukan," ucap Firman.

Seperti diketahui, terkait kasus ini, KPK telah melayangkan surat panggilan terhadap Anas untuk menjalani pemeriksaan pada Selasa (7/1) mendatang. Panggilan pemeriksaan merupakan yang kedua kalinya setelah Anas tidak memenuhi panggilan sebelumnya pada 31 Juli 2013.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto pun mengaku belum mendapatkan informasi dari penyidik KPK apakah pihaknya akan melakukan penahanan usai memeriksa Anas.

Namun, Wakil Ketua KPK Zulkarnain mengatakan, Anas akan ditahan begitu pembangunan rumah tahanan KPK di kompleks Pomdam Jaya, Guntur, Manggarai, Jakarta, selesai. Saat ini, pembangunan tahanan itu sudah, hanya menunggu serah terima rutan dari Mabes TNI Angkatan Darat ke KPK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri