Ancaman Badai Membuat Bursa Hongkong Tutup



HONGKONG. Pagi ini, tidak ada kesibukan yang biasa terlihat di bursa saham Hongkong. Pasalnya, pemerintah menyatakan akan menutup dan menghentikan sementara waktu seluruh kegiatan di kota itu. Termasuk diantaranya perdagangan di bursa perdagangan Hongkong. Pemicunya, Badai Nuri dikabarkan akan melanda kota tersebut.

Jika mengacu pada prosedur standar, pasar bursa akan dibuka nanti sore jika pemerintah kota setempat menyatakan bahwa kondisi gawat sudah berlalu sebelum sore hari. Namun, jika ternyata pada pukul 16.00 waktu setempat peringatan bahaya masih diberlakukan, maka bursa perdagangan akan dibuka pada Senin besok. Bursa perdagangan Hongkong bilang, pihaknya sudah membatalkan seluruh aktivitas perdagangan untuk sesi pagi hingga sore.

Badai Nuri sebelumnya menyerang wilayah selatan Filipina. Di negara tetangga Hongkong itu, badai tersebut telah merenggut nyawa tujuh orang. Diperkirakan, Badai Nuri akan mendekati wilayah Hongkong sore ini dan malam nanti. Menurut pengamat cuaca Hongkong, diperkirakan badai akan mengarah ke pusat kota.


Hongkong memang sering dilanda badai tropis selama musim panas. Pada awal bulan ini saja, kota tersebut diserang badai tropis Kammuri yang juga menyebabkan seluruh sekolah dan aktivitas perdagangan dihentikan.

Sementara itu, MTR Corp. yang merupakan operator kendaraan umum dan kereta Hongkong, juga mengurangi jumlah armadanya hari ini. Namun, menurut MTR transportasi untuk Airport Express ke pusat bisnis berjalan seperti biasa.

Demikian pula halnya dengan New World Firs Ferry Services Ltd yang mengatakan bahwa pihaknya secara bertahap akan mengurangi jasa layanan pengangkutan ferry di sekitar area Hongkong dan Macau, dan dimulai pukul 08.30 waktu setempat.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie