KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah persaingan industri telekomunikasi yang sedang ketat, PT XL Axiata Tbk (
EXCL) terus menggali sumber pendapatan baru untuk menopang pertumbuhan kinerja salah satunya internet rumahan. Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini menyampaikan selama sembilan bulan pertama di 2024, situasi dan kondisi industri telekomunikasi sangat menantang karena kompetisi sedang berlangsung ketat. Dia bilang tantangan ke depan tentunya tidak akan lebih ringan, terutama kondisi ekonomi Indonesia yang masih akan terpengaruh oleh kondisi geopolitik dunia, serta tingkat daya beli masyarakat yang masih lemah.
"Namun berbagai inisiatif akan terus XL Axiata lakukan untuk mendapatkan sumber pendapatan baru yang bisa diandalkan di masa mendatang," jelas Dian dalam keterangannya, Kamis (7/11).
Baca Juga: Tumbuh Double Digit, XL Axiata (EXCL) Kantongi Laba Bersih Rp 1,31 Triliun Salah satunya, melalui layanan internet rumah. Untuk itu, EXCL terus mendorong dan mengakselerasi pertumbuhan bisnis layanan internet rumah Fixed Broadband (FBB). Apalagi XL Axiata juga telah mengakuisisi 750 ribu pelanggan First Media milik PT Link Net Tbk (LINK). Dus, saat ini memiliki pelanggan FBB secara keseluruhan mencapai lebih dari 1 juta pelanggan. "Tambahan pelanggan itu, menjadikan sebagai penyedia layanan Internet kedua terbesar di Indonesia, dengan cakupan jaringan FBB sebanyak 6 juta
home passed yang tersebar di lebih dari 127 kota," kata Dian.
Asal tau saja, per September 2024, EXCL meraup pendapatan sebesar Rp 25,36 triliun hingga kuartal III-2024. Raihan tersebut meningkat 6,26% secara tahunan atau
Year on Year (YoY) dari Rp 23,86 triliun.
Dari sisi
bottom line, laba yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk EXCL mencapai Rp 1,31 triliun per September 2024 atau melonjak 31,67% secara tahunan dari Rp 999,99 miliar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Putri Werdiningsih