KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura I meraih penghargaan dalam ajang Marketeers OMNI Awards 2023 untuk kategori Omni Customer Experience Strategy. Penghargaan tersebut diberikan pada Selasa (04/04), bertempat di FX Sudirman, Jakarta. Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi terhadap strategi branding, marketing, dan pelayanan yang dilakukan oleh Angkasa Pura I, yang dinilai berhasil dalam mengintegrasikan layanan melalui interaksi fisik (offline) dan digital (online). Direktur Komersial dan Pelayanan PT Angkasa Pura I Dendi T. Danianto mengatakan, penghargaan ini merupakan momentum untuk terus memacu kinerja perusahaan dalam pelayanan pengguna jasa.
"Merupakan suatu kehormatan bagi Angkasa Pura I. Kami akan terus selalu berupaya melakukan improvement dan inovasi untuk pencapaian target di masa depan, serta untuk mendukung program untuk memajukan industri penerbangan dan pariwisata," ujar Dendi, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Kamis (6/4) lalu.
Baca Juga: Angkasa Pura I Group Bagikan 700 Paket Sembako Ramadhan untuk Warga Masyarakat Dendi menambahkan mengenai pentingnya digitalisasi dalam standar pelayanan. Pihaknya menyadari pentingnya digitalisasi dalam memberikan
seamless experience bagi seluruh pengguna jasa bandara. "Saat ini kami menjadikan pengalaman pelanggan atau
customer experience sebagai landasan dalam merumuskan seluruh lini pelayanan, baik itu secara
services maupun komersial," lanjutnya. Senada dengan Dendi, CEO Marketeers Iwan Setiawan menyampaikan pentingnya integrasi layanan online dan offline. "Sekarang eranya sudah berubah menjadi era phygital marketing yang merupakan hybrid dari fisik dan digital. Dan, bila ingin sukses, merek perlu melakukan pendekatan secara Omni yakni menggabungkan antara online dan offline atau sentuhan teknologi dan manusia," ujarnya saat membuka acara penghargaan. Dalam standar layanannya, saat ini Angkasa Pura I sudah mengintegrasikan layanan offline serta layanan berbasis digital atau layanan online. Melalui layanan offline, Angkasa Pura I menyediakan berbagai jenis layanan dan fasilitas yang ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa dan untuk meningkatkan
customer experience. Fasilitas tersebut juga telah terintegrasi secara digital untuk memudahkan pengguna jasa saat berada di bandara, seperti
self check-in counter, mesin pemindai
boarding pass atau
boarding pass scanner, serta layanan
online customer service. Sedangkan dalam layanan online, Angkasa Pura I memanfaatkan berbagai jenis kanal media sosial sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Kanal tersebut juga digunakan untuk menyampaikan kampanye marketing dan promosi, di antaranya promosi destinasi wisata unggulan, promosi gerai komersial dan fasilitas publik di bandara, serta kampanye untuk menumbuhkan kembali minat berwisata masyarakat pada masa transisi pandemi.
Baca Juga: AP I dan AirNav Tandatangani Komitmen Keamanan dan Keselamatan Penerbangan Melalui
Contact Center 172, Angkasa Pura I menyediakan platform
contact center untuk memberikan informasi kepada pelanggan, menindaklanjiti keluhan, serta mendengarkan saran dan masukan dari pengguna jasa. "Inovasi layanan melalui integrasi layanan offline dan online ini harus berfokus pada pengalaman pelanggan atau customer experience yang diharapkan meningkatkan kepuasan pelanggan atau customer satisfaction. Kami berkomitmen untuk terus menerus memenuhi kebutuhan dan harapan penumpang di semua bandara yang kami kelola secara berkelanjutan,” tutup Dendi. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Yudho Winarto