Angkasa Pura Propertindo siapkan Rp 600 miliar untuk ekspansi properti



KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Bisnis PT Angkasa Pura II tidak melulu soal kebandaraan. Lewat anak usahanya, PT Angkasa Pura Propertindo (APP), perusahaan itu juga sembari mencari peluang bisnis di sektor properti.

Diresmikan pada tanggal 7 Oktober 2016, bisnis properti APP memang erat kaitannya untuk mendukung kinerja induknya. Saat ini, APP sudah mengembangkan dan mengelola hotel di Terminal Bandara Kualanamu Medan. "Selanjutnya APP akan mengembangkan hotel di Terminal 3 Bandara Soekarno - Hatta," kata Direktur Utama APP, Wisnu Raharjo kepada Kontan.co.id pada Jumat (12/4).

Saat ini pondasi hotel di Terminal 3 sudah berlangsung. Wisnu bilang diperkirakan soft opening bakal dilakukan pada Januari 2020 mendatang. Bangunan yang berdiri di lahan seluas 10.000 meter persegi itu nantinya bakal memiliki 150 kamar setara bintang 4. Wisnu mengungkapkan nilai investasi untuk pembangunan hotel di Terminal 3 Soekarno Hatta sebesar Rp 300 miliar.

Tapi tidak selesai sampai di situ, tahun ini APP menyiapkan investasi sebesar Rp 600 miliar yang artinya masih ada Rp 300 miliar lagi yang tersisa. "Saat ini berencana untuk akuisisi hotel di Jakarta yang akan difungsikan sebagai kantor satelit AP II," ungkap Wisnu.

Sebagian ruangan itu rencananya bakal difungsikan sebagai kantor satelit Direksi Angkasa Pura II. Tapi, tambah Wisnu, beberapa ruangan juga bakal disediakan untuk disewakan untuk keperluan co-working space.

Ke depan, APP juga berencana untuk mengembangkan hotel di Bandara Minangkabau Padang, dan Bandara di Banyuwangi. Wisnu memperkirakan, proyek ini baru akan dimulai pada akhir tahun ini sampai 2020 nanti.

Di tahun 2020 APP juga akan masuk ke bisnis properti perumahan tapak. Alasan baru akan dimulai 2020 menurut Wisnu lebih pada menunggu kondisi politik paska Pemilu 2019. "Target pembelinya adalah karyawan Angkasa Pura II yang saat ini jumlahnya sudah sekitar 8.000 orang," tambahnya.

Bagi karyawan Angkasa Pura II, nantinya bakal ada kemudahan cicilan yang ditawarkan APP. Tapi rumah yang dijual itu juga tidak menutup kemungkinan untuk dibeli oleh kalangan masyarakat lain.

Adapun untuk rencana tersebut, APP masih dalam tahapan survey lokasi untuk landbanknya. Wisnu memastikan bahwa pembangunan perumahan itu bakal berlokasi di sekitar Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Azis Husaini