Antam: Kenaikan Harga Emas Diikuti Kenaikan Minat Pembeli Emas



 KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas terus mencetak rekor kenaikan, bahkan mencapai harga tertingginya sepanjang masa atau kerap disebut all time high (ATH).

Berdasarkan situs Logam Mulia, harga emas pada Jumat (25/10) di Butik Emas Antam mencapai Rp 1.529.000 per gram. Harga emas Antam itu naik Rp 14.000 atau 0,9% dibandingkan dengan hari sebelumnya. 

Dalam sebulan terakhir, harga emas mencatat lonjakan hingga 5,3%. Sementara, harga pembelian kembali atau buyback emas Antam sebesar Rp 1.379.000 per gram.


Sekretaris Perusahaan PT Aneka Tambang Tbk Syarif Faisal Alkadrie mengatakan, tren kenaikan harga emas ini diikuti dengan minat masyarakat untuk membeli emas Antam juga meningkat. 

"Mengingat kian meningkatnya minat masyarakat dalam melakukan investasi emas yang merupakan salah satu instrumen safe haven sehingga dapat memberikan lindung nilai," ujar Faisal kepada KONTAN, Jumat (25/10). 

Baca Juga: Tergiur Kenaikan Harga Logam Mulia, Toko Emas Ramai Dikunjungi Masyarakat

Meskipun emas dikenal sebagai aset investasi, Faisal bilang, tujuan pembelian emas di Antam beraneka ragam, seperti collectible item ataupun sebagai hadiah. 

Ia juga memproyeksi transaksi emas akan terus meningkat ke depannya. Sebab sifat emas yang likuid dan tren pertumbuhan harga emas beberapa tahun belakangan. Sehingga menurut Faisal, tidak menutup kemungkinan di masa mendatang harga emas akan terus berlanjut meningkat.

Untuk diketahui, perusahaan Antam ini mencatat pada semester I tahun 2024 penjualan emas antam mencapai 16 ton atau tumbuh 18% dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2023. Produk emas Antam sendiri merupakan emas batangan dengan kemurnian 999.9.

Selanjutnya: Tujuh dari 11 Indeks Sektoral di BEI Positif (25 Oktober 2024)

Menarik Dibaca: Resep Es Kopyor Kekinian yang Menyegarkan, Dilengkapi Jelly dan Nata de Coco

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat