MOMSMONEY.ID - Ini cara reschedule tiket kereta di loket stasiun dan aplikasi KAI Access. Ingin reschedule atau mengubah jadwal kereta yang sudah dibeli? Tak perlu bingung, karena Anda bisa melakukannya dengan mudah. Ada dua cara reschedule tiket kereta yang dapat Anda pilih yaitu melalui loket stasiun dan aplikasi KAI Access.
Tanpa basa-basi, berikut cara reschedule tiket kereta di loket stasiun dan aplikasi KAI Access sebagaimana dilansir dari laman
Contact Center KAI. Cermati baik-baik, ya!
Baca Juga: 4 Rekomendasi Toner untuk Kulit Kering Harga di Bawah Rp 50.000, Murah tapi Bagus Cara reschedule tiket kereta di loket stasiun
- Dapat dilakukan di loket stasiun online yang melayani pemesanan tiket
- Mengisi dan menandatangani formulir pembatalan yang disediakan di loket stasiun
- Membawa identitas asli dan fotokopi identitas
- Sampaikan permohonan perubahan tiket kepada ticketing officer (petugas loket)
Cara reschedule tiket kereta di aplikasi KAI Access
- Pada menu Tiket, pilih kode booking tiket perjalanan kereta yang akan diubah jadwal (reschedule)
- Pada halaman tersebut, klik tombol "Ubah Jadwal"
- Pilih nama penumpang yang akan melakukan perubahan jadwal perjalanan kereta
- Baca dan centang Syarat & Ketentuan kemudian klik "Lanjutkan"
- Pada halaman Pesan Tiket, pilih stasiun asal, tujuan, dan tanggal keberangkatan kereta. Kemudian klik tombol "Cari Tiket"
- Pilih jadwal kereta baru sesuai dengan jam keberangkatan yang Anda inginkan
- Pada halaman konfirmasi pemesanan, pastikan kembali jadwal yang baru telah sesuai dengan yang Anda pilih pada tahap sebelumnya
- Baca dan centang Syarat & Ketentuan, lanjutkan proses ubah jadwal
- Klik pembayaran kemudian pilih metode pembayaran yang Anda inginkan. Lanjut proses "Bayar"
- Proses ubah jadwal perjalanan pun berhasil
- Segera lakukan pembayaran
Baca Juga: 5 Tanda Anak Remaja Sedang Mengalami Stres dan Cara Membantunya dengan Tepat Apakah reschedule tiket kereta di loket stasiun bisa diwakilkan? Reschedule tiket kereta di loket stasiun bisa diwakilkan. Apabila diwakilkan, pastikan untuk membawa identitas asli dan surat kuasa bermaterai 10.000 dari pemilik tiket kepada pemohon perubahan tiket. Juga, fotokopi bukti identitas pemberi kuasa dan yang dikuasakan. Apabila yang tertera di tiket adalah anak-anak, maka tidak perlu surat kuasa. Jika tiket yang diubah lebih dari satu penumpang namun kode booking-nya sama, maka identitas dan surat kuasa perubahan tiket yang dilampirkan cukup milik salah satu dari penumpang. Biaya administrasi reschedule tiket kereta Untuk melakukan reschedule tiket kereta, ada biaya administrasi yang harus Anda bayar. Adapun biaya administrasi yang dikenakan yaitu sebesar 25% dari harga tiket yang dimiliki sebelumnya.
Jika tiket yang baru lebih mahal atau naik kelas pelayanan, maka akan dikenakan biaya tambahan untuk selisihnya dan biaya administrasi. Bila tiket yang baru lebih murah atau turun kelas pelayanan, maka tidak ada pengembalian dana untuk selisihnya tetapi tetap dikenakan biaya administrasi. Nah, itulah cara reschedule tiket kereta di loket stasiun dan aplikasi KAI Access. Sebagai informasi tambahan, tiket yang dibeli dari channel pemesanan mitra resmi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) juga dapat dilakukan reschedule di aplikasi KAI Access ya Moms. Semoga bermanfaat. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ana Risma