Antisipasi banjir, Pemprov DKI Jakarta berencana tambah pompa di kali Sentiong



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menambah pompa di Kali Sentiong. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya banjir pada musim hujan. "Jadi akan ada pompa tambahan di Sentiong yang nanti akan dikerjakan mungkin mulai akhir tahun ini," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pecenongan, Jakarta Pusat, Jumat (9/11). 

Anies mengaku telah membahas rencana penambahan pompa dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pompa tambahan itu, kata Anies, akan mempercepat aliran air dari Kali Sentiong hingga hilir sehingga debit air di sana tidak meluap. 

Selain menambah pompa, Pemprov DKI juga menyiagakan petugas untuk menanggulangi terjadinya banjir. "Kami antisipasi dengan tim tanggap sehingga bila terjadi genangan, banjir, maka respons cepat bisa dilakukan," kata dia. 

Selama musim hujan, Anies meminta warga melaporkan saluran-saluran air yang kotor dan tersumbat. Pemprov DKI akan selalu siaga membersihkan saluran-saluran air.   "Pembersihan dilakukan terus di semua titik. Bila masyarakat menemukan ada tempat yang kotor, beritahu, kami akan perintahkan segera dibersihkan dan semuanya kerja untuk membereskan," ucap Anies. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Antisipasi Banjir, DKI Berencana Tambah Pompa di Kali Sentiong"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .