AP II bangun gardu induk khusus Bandara Soetta



JAKARTA. PT Angkasa Pura (AP) II meningkatkan kualitas sistem kelistrikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan membangun gardu induk khusus demi menjaga dan meningkatkan pelayanan kepada maskapai serta penumpang.

Pembangunan gardu induk bertegangan 150 KV dan berkapasitas 2 x 60 MVA dengan nilai investasi sebesar Rp 223 miliar itu akan dilaksanakan oleh PT Waskita Karya Tbk dan ditargetkan tuntas pada 2018.

Apabila gardu induk tersebut sudah beroperasi, maka aliran listrik dari gardu induk PLN akan dialirkan ke gardu induk kemudian diteruskan ke tiga power supply yang ada di bandara untuk mendukung kelistrikan di Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3, serta kawasan perkantoran.


Sementara skema yang ada saat ini, pasokan listrik dari gardu induk PLN lalu dialirkan ke feeder Jakarta International Airport Cengkareng atau JIAC 1, 2, 3, dan 4, baru kemudian ke tiga power supply.

President Director AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya dan telah menunjukkan sinergi yang baik dalam penyediaan pasokan listrik untuk kegiatan kebandarudaraan sejak bandara Soekarno-Hatta beroperasi. Sinergi ini ditingkatkan dalam hal penyediaan pasokan utama listrik ke gardu induk khusus di bandara, serta JIAC 1, 2, 3, dan 4 yang kemudian berperan sebagai back up.

“Pembangunan gardu induk khusus ini juga bertujuan untuk mendukung operasional Terminal 3, di mana ketika sudah beroperasi penuh dibutuhkan listrik hingga 30 MVA khusus untuk Terminal 3,” jelas Awaluddin dalam keterangan resminya, Kamis (16/2).

Sebagai informasi, saat ini PLN telah memasok listrik sebesar 65 MVA untuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan pada 2021 diperkirakan kebutuhan meningkat mencapai 135 MVA seiring dengan operasional infrastruktur baru seperti skytrain, stasiun kereta bandara, integrated building, cargo village, runway ketiga, Revitalitasi Terminal 1 dan 2, dan lain sebagainya.

Sementara itu, peningkatan pada sistem kelistrikan lainnya adalah masing-masing terminal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan dilengkapi main power station (MPS) untuk mempermudah pengaturan arus pendistribusian kelistrikan di terminal-terminal. Adapun saat ini baru terdapat satu MPS untuk mengatur pendistribusian listrik di seluruh kawasan bandara.

Peningkatan kualitas sistem kelistrikan juga dilakukan melalui penerapan digitalisasi dengan mengimplementasikan sistem SCADA atau supervisory control and data acquisition.

“SCADA memungkinkan kami untuk membangun satu tempat khusus sebagai pusat informasi dan pemantauan seluruh sistem kelistrikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sehingga kami dapat lebih cepat mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan serta menjalankan langkah kontingensi untuk menanggulangi gangguan,” jelas Muhammad Awaluddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia