AP II layani 3 juta penumpang selama mudik Lebaran 2018



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyelenggaraan operasional dan pelayanan angkutan Lebaran di 15 bandara yang dioperasikan PT Angkasa Pura II (AP II) sampai hari Lebaran 1 Syawal 1439 H, berjalan baik dan lancar.

Jumlah pergerakan penumpang pada H-8 sampai dengan hari H (7 Juni - 15 Juni 2018) di 15 bandara yang dikelola perseroan  mencapai 3.055.831 penumpang atau tumbuh 5,15% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2017.

Kemudian dari sisi pergerakan pesawat pada H-8 sampai dengan hari H juga tercatat naik 2,69% mencapai 21.577 pergerakan pesawat.


Selama periode arus mudik, AP II mencatat puncak arus mudik di seluruh bandara terjadi pada H-6 (9 Juni 2018) di mana pergerakan penumpang mencapai 352.801 penumpang dengan pergerakan pesawat sebanyak 2.432 pergerakan.

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai bandara utama di Indonesia, jumlah pergerakan penumpang pada H-8 sampai hari H sebanyak 1.819.855 penumpang. Terjadi kenaikan sebanyak 105.540 penumpang atau 6,15% dibandingkan tahun sebelumnya hanya 1.714.315 penumpang.

“Pada periode arus mudik angkutan Lebaran hingga saat ini, AP II telah melayani lebih dari 3 juta penumpang, meningkat cukup signifikan dari tahun 2017 yang hanya 2,9 juta penumpang," kata President Director AP II, Muhammad Awaluddin, Sabtu (16/6).

Awaluddin mengatakan, peningkatan jumlah penumpang dan pesawat di seluruh bandara AP II sampai dengan 15 Juni 2018 dibarengi dengan baiknya performa dan pelayanan personil perusahaan di lapangan. "Kami mengapresiasi kontribusi pihak maskapai yang telah menyediakan extra flight hingga 653 pergerakan pesawat untuk melayani para pemudik," imbuhnya.

Mulai H+1, AP II akan mulai melayani arus balik di mana hingga H+8 Lebaran diprediksi akan melayani 6,3 juta penumpang. Puncak arus balik diprediksi pada H+3 atau Selasa tanggal 19 Juni 2018.

AP II bekerja sama dengan seluruh stakeholder untuk memastikan pelayanan arus balik ini berjalan dengan lancar seperti memastikan ketersediaan moda transportasi untuk mengatar para penumpang ke rumahnya dari bandara seperti bus, taksi, kereta bandara dan transportasi alternatif lainnya.

Perseroan juga terus menyiagakan seluruh posko angkutan Lebaran berikut semua personil di 15 bandara untuk menjaga standar operasional dan pelayanan dalam meningkatkan kenyamanan serta kepuasan seluruh pemudik dan pengguna jasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini