Apa Itu Gentle Birth? Inilah Metode Persalinan Minim Rasa Sakit dan Trauma



Gentle Birth - Gentle birth adalah istilah yang populer di kalangan ibu hamil. Namun, apa itu gentle birth

Gentle birth adalah metode melahirkan yang dipercaya memberikan pengalaman yang minim trauma dan rasa sakit bagi calon ibu. Melahirkan memang menjadi salah satu hal yang ditakuti bagi sebagian besar ibu hamil. 

Berdasarkan penelitian, sebanyak satu dari empat ibu hamil dihantui oleh ketakutan saat melahirkan. 


Selain itu, melahirkan yang menimbulkan rasa sakit berlebih juga bisa membuat perempuan trauma untuk kembali hamil dan melahirkan. Lantas, seperti apa metode melahirkan gentle birth

Baca Juga: ​Kehamilan ektopik: Gejala, penyebab, dan penanganan hamil di luar kandungan

Apa itu gentle birth?

Gentle birth adalah persalinan yang dilakukan dengan tenang, lembut, sehingga menimbulkan rasa nyaman, positif, dan membuat ibu serta bayi merasa bahagia serta lebih sehat. 

Dikutip dari Smart Parenting, dalam metode gentle birth, sang ibu juga harus bisa memperdayakan dirinya sendiri dengan sejumlah latihan sehingga tubuhnya siap untuk melakukan persalinan. 

Selain itu, persalinan dapat dilakukan secara gentle birth jika hak-hak ibu dihormati dan preferensi kelahirannya dipenuhi oleh penolong persalinannya. 

Baca Juga: ​Hamil di luar kandungan, ini gejala, penyebab, dan penanganan kehamilan ektopik

Rencana kelahirannya mungkin mencakup detail tentang jenis intervensi persalinan yang dia pilih dan siapa yang dia inginkan di sisinya sebagai tim pendukung. 

Artinya, gentle birth benar-benar fokus pada hak-hak ibu dan bayinya serta jenis dukungan yang mereka terima.

Komponen terpenting dari gentle birth adalah bayi tidak boleh lepas dari ibunya. Selain itu, keinginan ibu harus dihormati sehingga harus sesedikit mungkin traumatis bagi ibu dan anak.

Dalam gentle birth proses persalinan memang harus memperdayakan kemampuan alami seorang perempuan dalam melahirkan sehingga intervensi medis minim dilakukan kecuali memang benar-benar dibutuhkan. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Persiapan Wajib untuk Menyambut Persalinan

Konsep gentle birth juga menawarkan metode hypnobirthing  yang mengajarkan cara untuk lebih tenang, relaks, berpikir positif, dan percaya diri. 

Gentle birth biasanya akan berhasil kalau ibu hamil rutin melakukan rangkaian program pelatihan gentle birth sebelum masa persalinan. 

Maka dari itu, jika seorang ibu hamil memang ingin melakukan gentle birth melalui hypnobirthing, mulailah mencari dokter dan rumah sakit yang menyediakan layanan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News