Apa Itu Manajemen Isu - Manajemen isu adalah salah satu hal yang perlu dipelajari praktisi PR atau Public Relations. Ada beberapa definisi manajemen isu. Namun, para pakar PR di Indonesia mengartikan manajemen isu adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap masyarakat, baik internal maupun eksternal, mengidentifikasi hal-hal atau masalah yang patut dikhawatirkan dan melakukan usaha-usaha ke arah perbaikan. Tetapi, sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai manajemen isu perlu dipahami apa itu isu.
Apa itu isu dan manajemen isu?
Isu adalah kesenjangan antara aktivitas perusahaan dengan kepentingan atau harapan publik. Manajemen isu adalah proses menutup kesenjangan ini. Isu yang diabaikan bisa berkembang menjadi krisis dan membawa konsekuensi bagi reputasi Perusahaan. Sementara itu, manajemen isu adalah instrumen yang dapat digunakan perusahaan untuk mengidentifikasi, menganalisis, mengelola isu yang muncul dan respon terhadap isu sebelum terjadi. Baca Juga: Tingkatkan Kepercayaan Publik, OJK Luncurkan Roadmap Perasuransian 2023-2027Definisi manajemen isu menurut para ahli
Sementara itu, beberapa defisini manajemen isu menurut para ahli seperti dirangkum dari buku "Manajemen Isu & Krisis" (2016) antara lain:- Manajemen isu meliputi identifikasi isu, analisis isu, menentukan prioritas, menyeleksi strategi program, mengimplementasikan program aksi dan komunikasi dan mengevaluasi keefektifan (W. Howard Chase pada 1976; dalam Cutlip et al. 2000:17).
- Manajemen isu adalah sebuah program yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan pengetahuan terhadap proses kebijakan publik dan meningkatkan keefektifan dan kebaruan dari keterlibatan manajemen isu. (US Public Affairs Council pada tahun 1978; dalam Regester dan Larkin, 2000:37)
- Manajemen isu adalah identifikasi isu-isu utama yang bertentangan dengan perusahaan dan manajemen respon perusahaan terhadap isu-isu tersebut. Proses ini meliputi identifikasi awal kontroversi potensial, perkembangan kebijakan perusahaan yang berhubungan dengan isu-isu tersebut, penciptaan program untuk menjalankan kebijakan, implementasi program-program tersebut, berkomunikasi dengan publik yang tepat mengenai kebijakan dan program, dan evaluasi dari hasil
- (Baskin dan Aronof, 1992:46).
- Manajemen isu adalah proses manajemen dimana tujuannya adalah membantu mempertahankan pasar, mengurangi resiko, menciptakan peluang dan mengelola citra sebagai aset perusahaan untuk kemanfaatan perusahaan dan stakeholder utama. Hal ini dicapai dengan cara: antisipasi, meneliti dan memprioritaskan isu; menilai dampak isu terhadap perusahaan; merekomendasikan kebijakan dan strategi untuk meminimalisasi resiko dan memperbesar peluang, mengimplementasikan strategi; mengevaluasi dampak program (Tucker dan Broom dalam Public Relations Journal, November 1993:38-40).