​Apa itu Singles Day di 11.11? Ini penjelasannya



KONTAN.CO.ID - 11.11 atau 11 November dalam beberapa tahun ini dijadikan sebagai hari belanja online lantaran banyak promo menarik pada hari tersebut. 

Di China, Single Day adalah hari jomblo yang dirayakan para lajang setiap tahun. 

Orang yang belum menikah memperingati acara tersebut dengan memanjakan diri mereka sendiri melalui belanja hadiah. 


Tradisi tersebut dimanfaatkan oleh e-commerce terbesar di China, Alibaba dengan menjadikannya sebagai hari belanja online. 

Baca Juga: Hari Jomblo China (11/11): Ada 3 juta pekerja, 4.000 pesawat dan kapal yang terlibat

Memahami hari jomblo atau Single Day 

Dirangkum dari Investopedia, Hari Jomblo selalu jatuh pada tanggal 11 November karena tanggal 11/11 mewakili empat orang, atau empat orang jomblo, berdiri bersama.

Di China juga dikenal sebagai "Bare Sticks Holiday". Perayaan ini dimulai pada 1993 oleh mahasiswa Universitas Nanjing China yang merayakannya sebagai anti Hari Valentine. Momen ini juga dikenal sebagai "Bachelor's Day" karena ketidakseimbangan gender Cina yang diakibatkan kebijakan satu anak.

Kegiatan ini menyebar ke universitas lain di China. Singles Day sekarang berfungsi sebagai kesempatan bagi para lajang untuk bertemu dalam pesta dan pertemuan sosial lainnya. 

Kini, Singles Day telah populer di negara lain. Termasuk di seluruh Asia Tenggara dan beberapa negara Eropa, seperti Jerman, Belgia, dan Inggris. Versi Inggris Raya jatuh pada tanggal yang berbeda yakni 11 Maret.

Baca Juga: Rose & Lisa BLACKPINK bahas pertengkaran yang berakhir lucu di dokumenter Netflix

Hari belanja terbesar 

Meski bukan hari libur resmi yang diakui di China, Singles Day telah menjadi hari belanja online terbesar di dunia. 

11.11 menjadi acara komersial besar di China selama dekade pertama abad ke-21 ketika raksasa e-commerce China, Alibaba (BABA) menawarkan barang dagangan dengan diskon besar-besaran di platformnya selama 24 jam, mulai tengah malam pada 11 November 2009.

Sejak itu, Singles Day telah menjadi hari belanja terbesar, melampaui Black Friday dan Cyber ​​Monday di AS. 

Pada tahun 2019, Alibaba mencatatkan penjualan senilai US$ 38,4 miliar di seluruh platform online-nya pada Hari Jomblo, meningkat 25% dari tahun sebelumnya US$ 30,8 miliar.

Selanjutnya: Inilah daftar lengkap promo Harbolnas 11.11 di Shopee, Lazada, Bukalapak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News