Apa itu Terazzo atau Teraso, Bahan Lantai yang Cukup Terkenal



MOMSMONEY.ID - Saat Moms akan memilih bahan lantai, salah satu bahan yang bisa dipertimbangkan adalah terazzo. Seperti apa karakter terazzo dan apa saja kelebihan serta kekurangannya?

Melansir Southern Living, terazzo adalah bahan lantai yang cukup terkenal digunakan oleh banyak rumah. Namun, apa itu sebenarnya terazzo atau teraso ini? 

Sebenarnya terazzo juga bisa digunakan untuk mmbuat dinding. Tapi, terazzo lebih dikenal sebagai bahan pembuatan lantai. Yuk, mengenal lebih dalam soal terazzo.


Terazzo berasal dari kata terra yang dalam bahasa Latin berarti tanah. Terazzo cukup dikenal karena bahan bangunan ini memberikan kesan seni pada interior rumah.

Baca Juga: Mudah Dicari, Ini 6 Ide Lampu untuk Ruang Makan

Melansir Better Homes & Gardens, terazzo adalah material komposit atau daur ulang yang terbuat dari serpihan marmer, granit, kaca atau kuarsa yang dimasukkan ke dalam semen. Terazzo banyak digunakan pada mosaik Mesir, namun mulai populer pada abad ke-16 di Italia.

Terazzo bisa dicetak secara manual atau pabrikan menjadi balok-balok yang dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Restoran dan hotel sering menggunakan terazzo karena merupakan bahan yang tahan lama untuk area dengan lalu lintas padat seperti bar dan lobi. 

Bahan ini cukup populer digunakan sebagai lantai, dinding dan akses seperti menjadi meja, blacksplashes, atau teras outdoor. Moms bisa membeli terazzo dalam bentuk ubin siap pakai. 

Jika disegel dengan benar, terazzo bisa tahan air. Sehingga ubin ini juga cocok digunakan di kamar mandi dan dapur. Banyak alasan untuk Moms jatuh cinta pada terazzo mulai dari ketahanannya, murah hingga pola yang menarik. Umumnya terazzo lebih murah dibanding granit dan marmer.

Baca Juga: Ini Jenis-jenis Lantai Kamar Tidur yang Paling Umum!

Jenis-jenis sistem terazzo

Terazzo disebut sebagai sebuah sistem karena prosesnya yang berlapis-lapis dalam pembuatannya. Ini menentukan kepadatam, berat dan kilau dari produk. 

Berikut beberapa sistem terazzo yang umum:

  • Epoxy/thin-set epoxy: tipis dan tahan lama, cocok untuk komersial dan rumah. 
  • Polycrylate: material yang berongga menggunakan bongkahan kecil, cocok untuk digunakan outdoor.
  • Sand cushion: cukupo berat sehingga cocok untuk area yang digunakan untuk aktivitas berat. 
  • Monolitik: ringan dan murah, cocok untuk sekolah, mall dan area sibuk lainnya. 
  • Bonded: tipis namun cukup berat, cocok untuk tujuan profesional. 
  • Rustic: cocok untuk outdoor karena permukaannya yang anti licin. Bisa untuk kolam renang atau teras. 
Baca Juga: Cuaca Dingin Menyerang, Ini 6 Langkah biar Rumah Tetap Aman dan Nyaman

Lalu apa saja kelebihan terazzo?

Melansir Dekoruma, ini kelebihan dari terazzo:

  1. Lantai terazzo adalah jenis lantai yang anti gores, baik untuk yang permukaannya mengkilap atau yang kasar. Sehingga Moms tidak perlu khawatir saat menggeser furnitur yang berat dan tajam. 
  2. Terazzo juga lebih awet dibandingkan keramik karena bisa menopang beban yang lebih berat dan tidak akan pudar untuk waktu yang lebih lama. 
  3. Terazzo menyediakan beragam corak yang menawat karena tambahan pecahan marmer di dalamnya. Terazzo sering dijadikan lantai mewah di Indonesia di masa lampau. 
  4. Perawatan terazzo sangat mudah. Cukup dipel dengan sabun lantai dan air hangat. 

Ini kekurangan menggunakan terazzo

  1. Proses pemasangan terazzo terbilang rumit, tidak seperti keramik yang cukup direkatkan dengan semen dan diatur ke posisi yang tepat. Untuk mendapatkan permukaan yang mengkilap, teraso membutuhkan alau pemoles khusus. 
  2. Lantai terazzo memiliki harga yang relatif mahal
  3. Lantai terazzo adalah jenis lantai yang bersuhu dingin
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta