Apa Khasiat Minum Serai untuk Kesehatan Tubuh? Intip 15 Khasiatnya di Sini



MOMSMONEY.ID - Mari mengulik khasiat minum serai untuk kesehatan tubuh pada ulasan berikut ini!

Serai adalah tumbuhan herbal yang sering digunakan dalam masakan Asia dan sebagai bahan alami dalam pengobatan tradisional. Tumbuhan ini dikenal karena aroma segarnya dan rasanya yang khas.

Selain digunakan untuk memasak, serai juga dapat diseduh sebagai minuman yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.


Baca Juga: Khasiat Tersembunyi Buah Naga untuk Diabetes, Ini Ulasan Lengkapnya!

Melansir dari laman Healthy Focus dan Healthline, berikut adalah khasiat minum serai untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda rasakan:

1. Detoksifikasi Tubuh

Teh serai bisa membantu membersihkan tubuh karena bersifat diuretik alami, yang berarti membantu meningkatkan produksi urin. Ini akan membantu mengeluarkan racun, kolesterol, dan asam urat dari tubuh.

Frekuensi buang air kecil yang meningkat juga membantu membersihkan ginjal, hati, dan kandung kemih, menjaga tubuh tetap sehat dan bebas dari zat-zat berbahaya.

2. Menurunkan Kolesterol

Serai diketahui memiliki sifat yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan rutin mengonsumsinya, kadar trigliserida dalam darah bisa tetap seimbang dan kolesterol LDL berkurang. Ini mencegah plak pada arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serai memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang membantu menghilangkan bakteri jahat dalam sistem pencernaan, sehingga membuat pencernaan lebih lancar.

Dengan menjaga keseimbangan bakteri baik di usus, risiko masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, atau diare juga dapat dikurangi.

Baca Juga: Apakah Makan Singkong Bagus untuk Kesehatan Tubuh? Mari Menilik Faktanya di Sini

4. Melawan Radikal Bebas

Kandungan antioksidan dalam serai membantu melawan radikal bebas di tubuh yang dapat merusak sel. Hal ini berfungsi mencegah berbagai penyakit dan menjaga kulit tetap sehat.

5. Mengatasi Pembengkakan

Serai juga membantu mengatasi pembengkakan atau edema karena sifat diuretiknya yang mencegah penumpukan cairan dalam tubuh.

6. Menjaga Kulit Sehat

Serai baik untuk kulit karena membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Ini membantu mengurangi minyak berlebih di kulit dan membersihkan pori-pori dari kotoran.

Baca Juga: Manfaat Makan Buah Pepaya untuk Penderita Diabates, Cek di Sini

7. Meningkatkan Suasana Hati

Aroma serai yang menyegarkan bisa membantu memperbaiki suasana hati dan meredakan stres. Kandungan serai wangi dapat menenangkan pikiran dan cocok untuk mengurangi gejala kecemasan ringan.

8. Mengurangi Peradangan

Minum teh serai bisa membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Minuman serai cocok untuk meredakan nyeri sendi terkait peradangan, seperti pada radang sendi atau asam urat.

9. Menurunkan Demam

Serai juga bisa menurunkan suhu tubuh saat demam dengan membantu tubuh berkeringat dan menurunkan demam secara alami.

Baca Juga: Gula Darah 90 Apakah Normal? Simak Faktanya di Sini, yuk!

10. Mengatasi Gejala Pilek

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada serai dapat membantu meredakan gejala pilek seperti hidung tersumbat atau batuk.

11. Mencegah Infeksi

Serai memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur, membantu mencegah infeksi seperti kaki atlet, kurap, atau infeksi jamur lainnya.

12. Potensi Pencegahan Kanker

Antioksidan pada serai membantu melindungi sel dari kerusakan yang bisa menyebabkan kanker. Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa serai bisa membantu mendorong kematian sel kanker, walaupun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Baca Juga: Apa Itu Resistensi Insulin? Kenali Gejala dan Penyebabnya Berikut Ini

13. Menghilangkan Bau Badan

Karena sifat antibakterinya, serai juga banyak digunakan dalam deodoran dan produk wewangian lainnya. Menambahkannya ke air rendaman kaki juga membantu mengatasi bau kaki yang tidak sedap.

14. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian tahun 2011 menunjukkan bahwa konsumsi teh serai bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan mengurangi detak jantung.

Namun, penggunaannya perlu hati-hati pada pria dengan masalah jantung karena efek ini bisa berisiko jika digunakan berlebihan.

15. Meredakan Kram Menstruasi

Teh serai bisa membantu mengatasi kram menstruasi dan perasaan tidak nyaman lainnya. Penelitian juga menunjukkan bahwa serai dapat merangsang produksi ASI dan membantu meredakan gejala PMS.

Baca Juga: Jenis Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Lambung, Coba Yuk!

Itulah beberapa khasiat minum serai untuk kesehatan tubuh Anda. Untuk membuat teh serai, seduh 1-3 sendok teh serai kering atau segar dengan air mendidih selama sekitar 5 menit, lalu saring. Anda bisa menikmatinya hangat atau dengan es.

Serai umumnya aman dikonsumsi. Namun, beberapa orang mungkin mengalami pusing, mulut kering, atau peningkatan buang air kecil.

Jika Anda hamil, mengonsumsi diuretik resep, atau memiliki detak jantung yang rendah, sebaiknya hindari konsumsi teh serai dan konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Promo CGV 5-22 Oktober 2024, Buy 1 Get 1 Free Special Class 4DX Film Apapun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas