Apa Saja Buah yang Menyebabkan Asam Lambung Naik? Intip 6 Jenisnya di Sini



MOMSMONEY.ID - Intip daftarnya, yuk! Berikut ini adalah beberapa jenis buah yang menyebabkan asam lambung naik.

Asam lambung adalah kondisi di mana asam dari lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan rasa panas di dada atau tenggorokan. Salah satu hal yang bisa memicu kondisi ini adalah makanan, termasuk buah-buahan tertentu.

Walaupun buah biasanya dianggap sehat, tidak semua buah aman untuk penderita asam lambung. Beberapa buah malah bisa memperburuk gejalanya.


Baca Juga: 11 Tanda Gula Darah Tinggi yang Patut Anda Waspadai, Cek di Sini

Merangkum dari laman Hello Sehat dan Live Strong, berikut ini adalah jenis buah yang menyebabkan asam lambung naik:

1. Tomat

Tomat dan olahannya seperti saus atau jus juga tinggi asam. Ini bisa memperparah gejala GERD dan bikin iritasi di lambung serta kerongkongan. Jadi, lebih baik hindari makan tomat kalau asam lambung Anda sering kambuh.

2. Apel Hijau

Apel hijau biasanya lebih asam dibanding apel merah, jadi juga termasuk buah yang perlu dihindari. Kandungan asamnya bisa memicu asam lambung naik dan memperparah gejala yang ada.

Baca Juga: 8 Pilihan Sayur Penurun Kolesterol Paling Cepat yang Dapat Anda Konsumsi

3. Jeruk

Buah jeruk dan sejenisnya seperti lemon memang tinggi vitamin C, tapi juga asam. Buah-buahan ini bisa memicu gejala asam lambung seperti mual dan nyeri di dada.

Meski begitu, Anda masih bisa makan jeruk namun tidak berlebihan. Cara lainnnya, Anda bisa minum air putih atau air alkali bisa membantu mengurangi keasamannya.

4. Nanas

Beberapa orang dengan asam lambung mungkin masih bisa makan nanas tanpa masalah, tapi ada juga yang gejalanya kambuh setelah makan nanas. Karena nanas cukup asam dengan pH sekitar 3–4, sebaiknya Anda batasi konsumsinya kalau sering mengalami masalah asam lambung.

Baca Juga: 10 Menu Diet Murah Ramah Kantong yang Layak Anda Coba, Ini Pilihannya

5. Cabe

Cabe adalah buah yang juga sebaiknya dihindari karena zat capsaicin di dalamnya bisa mengiritasi lambung dan meningkatkan produksi asam lambung. Makan terlalu banyak cabe bisa memperburuk gejala asam lambung.

6. Cokelat

Cokelat juga harus dihindari karena mengandung kafein dan methylxanthine, yang bisa memicu GERD. Kafein bisa menyebabkan heartburn, sementara methylxanthine bisa melemahkan otot di kerongkongan, sehingga makanan atau asam lambung lebih mudah naik ke atas.

Baca Juga: Cukup Seminggu, Begini Tips Mengecilkan Perut dengan Cepat!

Itulah beberapa jenis buah yang menyebabkan asam lambung naik dan patut Anda batasi konsumsinya. Semoga bermanfaat, ya.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas