Apa Saja Efek Samping Smoothing Rambut? Berikut 6 Daftarnya



MOMSMONEY.ID - Wajib jadi perhatian, ini beberapa efek samping smoothing rambut yang jarang diketahui.

Untuk memiliki rambut yang lurus dan lembut, perawatan rambut smoothing kerap dipilih para perempuan.

Walau punya hasil yang bagus dan enak dilihat, tapi perlu diketahui bahwa ada efek samping dari perawatan rambut smoothing ini.


Sebelum memutuskan untuk melakukan smoothing rambut, sebaiknya perhatikan juga beberapa efek sampingnya berikut.

Baca Juga: Agar Tidak Salah, Ikuti Cara Pakai Body Scrub yang Benar Berikut Ini

Rambut bercabang

Selain disebabkan karena bahan kimia yang digunakan saat proses smoothing, masalah rambut bercabang juga bisa disebabkan karena alat pelurus rambut.

Meluruskan rambut dengan alat pelurus rambut bersuhu tinggi berpotensi membuat ujung rambut bercabang. Hal tersebut disebabkan karena bahan kimia dan panas menyerap kelembapan alami di ujung rambut yang akhirnya membuat rambut bercabang.

Merusak rambut

Laman Style Craze menjelaskan bahwa dalam perawatan smoothing, asam amino dan ikatan disulfida pada helai rambut dipecah yang kemudian disatukan kembali. Sehingga memberikan struktur baru, yaitu lurus, untuk sementara.

Dengan demikian, tekstur baru tersebut pun membuat tekstur alami rambut hilang dan kemudian rusak. Biasanya efek samping ini dirasakan dan mulai muncul pada tiga bulan hingga enam bulan setelah melakukan smoothing.

Baca Juga: Cara Melakukan Perawatan Co-Washing, Cuma Pakai Kondisioner Rambut Saja

Muncul uban prematur

Masalah munculnya uban ternyata juga bisa jadi salah satu yang disebabkan karena proses smoothing. Munculnya uban prematur adalah efek samping serius dari proses smoothing yang paling jarang disadari.

Penggunaan serum dan obat-obatan di proses smoothing adalah penyebab rambut kehilangan nutrisi dan warna alaminya.

Muncul ketombe

Jika punya masalah ketombe yang serius, ada baiknya untuk tidak melakukan perawatan smoothing sampai urusan ketombe hilang, ya. Sebab proses smoothing menggunakan bahan keras yang kerap kali meninggalkan residu di kulit kepala.

Di mana hal tersebut kemudian bisa menimbulkan atau memperparah masalah ketombe.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut, Rutin Dipakai!

Rambut rontok

Masalah rambut rontok ini jadi efek samping yang banyak dialami setelah melakukan perawatan smoothing rambut. 

Mengutip dari laman Pink Villa, perawatan rambut seperti smoothing yang menggunakan bahan keras akan membuat akar rambut melemah dan menyebabkan rontok.

Bukan cuma di daerah akar rambut, tapi lama-kelamaan bagian rambut lainnya juga melemah dan menyebabkannya patah.

Efek kesehatan

Bukan cuma memberi efek buruk bagi rambut, perawatan smoothing juga berdampak buat kesehatan, loh. Sebab kebanyakan obat smoothing mengandung formaldehyde yang dikenal sebagai zat berbahaya.

Dalam berbagai studi, zat tersebut bisa menyebabkan efek samping pada kesehatan seperti sakit kepala, iritasi, gangguan pernapasan, gangguan kulit, dan bahkan memicu kanker jika digunakan dalam jumlah berlebih.

Sebaiknya dijadikan pertimbangan, itulah dampak dan efek samping proses perawatan smoothing yang buruk bagi rambut dan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia