Apa Saja Jenis Makanan Tinggi Purin? Penderita Asam Urat Hindari Makanan Ini, ya!



MOMSMONEY.ID - Bisa sebabkan kekambuhan, apa saja jenis makanan tinggi purin? Mari intip daftarnya di sini!

Salah satu faktor penyebab tingginya kadar asam urat dalam tubuh adalah konsumsi makanan yang tinggi purin.

Purin adalah zat alami yang ditemukan dalam beberapa makanan, dan saat dicerna, purin akan diubah menjadi asam urat oleh tubuh.


Baca Juga: 10 Makanan Terbaik agar Kulit Awet Muda, Jaga Kesehatannya dari Dalam!

Oleh karena itu, bagi penderita asam urat, penting untuk mengetahui apa saja jenis makanan tinggi purin yang sebaiknya dihindari. Merangkum dari laman Dokter Sehat, inilah daftarnya:

1. Jeroan

Jeroan, seperti usus, hati, paru, dan otak, mengandung purin tinggi. Meski lezat, makanan ini harus dihindari oleh penderita asam urat untuk menghindari peningkatan kadar asam urat.

2. Udang

Udang, meski kaya akan omega-3, juga mengandung purin yang tinggi. Konsumsi udang harus dibatasi oleh penderita asam urat untuk mencegah peningkatan kadar asam urat.

3. Kepiting

Kepiting memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti mendukung kesehatan otak dan sistem kekebalan tubuh. Namun, kepiting juga kaya purin dan sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.

Baca Juga: 8 Minuman Terbaik agar Kulit Awet Muda, Air Kelapa Salah Satunya

4. Daging Sapi

Daging sapi mengandung purin yang sangat tinggi dan dapat memicu serangan asam urat akut, terutama bagi mereka yang sudah lama mengidap kondisi ini. Konsumsi daging sapi secara berlebihan sebaiknya dihindari.

5. Daging Rusa

Seperti daging sapi, daging rusa juga memiliki kandungan purin yang tinggi, yang dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Ini bisa memicu peradangan dan rasa sakit pada sendi.

6. Daging Bebek

Meskipun bermanfaat bagi kesehatan, daging bebek termasuk makanan yang mengandung purin. Penderita artritis gout sebaiknya membatasi konsumsi daging bebek untuk menghindari kambuhnya gejala.

Baca Juga: Mau Badan Tetap Ideal? Coba Gunakan Minyak Goreng untuk Diet Terbaik Ini

7. Ikan Tuna

Ikan tuna, meski kaya manfaat, juga mengandung purin yang dapat memicu nyeri sendi pada penderita asam urat. Konsumsi ikan ini harus dibatasi.

8. Ikan Sarden

Ikan sarden, yang sering dikonsumsi karena praktis, juga tinggi purin. Penderita asam urat perlu membatasi konsumsi ikan sarden untuk mencegah kekambuhan.

9. Ikan Teri

Ikan teri, terutama yang diolah menjadi ikan asin, mengandung purin tinggi. Penderita asam urat sebaiknya menghindari ikan ini karena bisa memicu peningkatan kadar asam urat.

Baca Juga: 10 Buah Rendah Kalori yang Bagus untuk Diet Menurunkan Berat Badan

10. Ikan Herring

Ikan herring biasanya dikonsumsi mentah dengan bawang bombai dan acar mentimun. Namun, ikan ini juga tinggi purin, sehingga perlu dihindari oleh penderita asam urat.

Itulah ulasan lengkap terkait apa saja jenis makanan tinggi purin. Jika Anda memiliki riwayat asam urat, hindari makanan di atas, ya. Semoga bermanfaat!

Tonton: Bisa Keluarkan Racun Lewat Urine, Air Rendaman Biji Ketumbar Ampuh untuk Kolesterol

Selanjutnya: Manfaat Teh Hijau untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Ulasan Lengkapnya di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas