Apa Saja Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan? Ini Dia 8 Manfaatnya



MOMSMONEY.ID - Memiliki segudang manfaat, apa saja manfaat kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan, ya?

Kopi hitam tanpa gula adalah minuman yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Tanpa tambahan gula atau susu, kopi hitam menyajikan rasa dan aroma asli kopi, serta memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Dengan mengonsumsi kopi hitam secara teratur dan tidak berlebihan, Anda bisa merasakan berbagai manfaatnya. Menyadur dari Alodokter, berikut adalah manfaat kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan:


1. Meningkatkan stamina dan energi

Kafein dalam kopi hitam bekerja dengan merangsang sistem saraf pusat, sehingga membantu menjaga stamina dan energi tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein juga dapat meningkatkan daya tahan otot dan mencegah kelelahan saat berolahraga.

Baca Juga: Bisa Berbahaya, Ini Beberapa Penyakit Akibat Kelelahan yang Perlu Anda Ketahui

2. Mengurangi peradangan di tubuh

Kopi hitam mengandung kafein dan asam klorogenat, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kandungan ini membantu mengurangi peradangan dan melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit.

3. Mendukung kesehatan otak

Seiring bertambahnya usia, kinerja otak bisa menurun, sehingga meningkatkan risiko penyakit seperti Alzheimer dan demensia.

Kandungan kafein dan antioksidan dalam kopi hitam membantu melindungi sel otak dari peradangan, sehingga mendukung fungsi otak dan memperlambat penurunan daya ingat.

Baca Juga: Tips Tetap Sehat di Usia Tua, Jalan Kaki Salah Satunya!

4. Membantu menurunkan berat badan

Kopi hitam tanpa gula dapat membantu mengurangi berat badan. Ini berkat kafein yang berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu mengendalikan berat badan.

Selain itu, kopi hitam tanpa tambahan gula tidak menambah asupan kalori dari gula, sehingga cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

5. Mengurangi risiko depresi

Secangkir kopi hitam tanpa gula bisa membantu mencegah depresi. Kafein dalam kopi merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin di otak, yang merupakan zat kimia penting untuk suasana hati.

Baca Juga: 5 Pilihan Susu yang Aman untuk Asam Lambung, Ada Susu Kedelai!

6. Menjaga kesehatan hati

Selain mengurangi risiko diabetes, kopi hitam tanpa gula dapat melindungi hati dari kerusakan, seperti sirosis dan kanker hati. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan mengurangi risiko pembentukan jaringan parut pada hati.

7. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kafein dan antioksidan dalam kopi hitam tanpa gula dapat melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi kopi hitam dalam jumlah yang wajar dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Mau Cepat Kurus? Coba Konsumsi Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Berikut Ini

8. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Kopi hitam tanpa gula juga diketahui dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kafein dan antioksidan dalam kopi meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Nah, itulah beberapa manfaat kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan. Meskipun kopi hitam tanpa gula memiliki banyak manfaat kesehatan, sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan.

Batas aman konsumsi kafein yang disarankan adalah sekitar 400 mg atau setara dengan 4 cangkir kopi per hari. Sedangkan bagi ibu hamil, disarankan untuk membatasi konsumsi hingga 200 mg per hari, atau setara 2 cangkir kopi.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti gangguan lambung atau sedang mengonsumsi obat-obatan, konsultasikan dulu dengan dokter untuk menentukan batas konsumsi kopi yang aman. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Update Grafik Harga Emas Antam Hari Ini dengan Data Terbaru (10 Oktober 2024)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas