Apa yang Dirasakan Jika Gula Darah Tinggi dalam Tubuh? Ini 11 Gejalanya



MOMSMONEY.ID - Gejalanya sering terabaikan. Apa yang dirasakan jika gula darah tinggi dalam tubuh? Cek selengkapnya di sini!

Gula darah tinggi atau hiperglikemia adalah kondisi yang terjadi ketika kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Ini biasanya dialami oleh penderita diabetes, tetapi bisa juga terjadi pada siapa saja.

Namun, gejala gula darah tinggi sering kali terabaikan. Beberapa orang bahkan tidak menyadarinya. Lantas, apa yang dirasakan jika gula darah tinggi dalam tubuh?


Melansir dari laman Medicine Net dan WebMD, inilah beberapa gejala gula darah tinggi:

1. Rasa Haus yang Berlebihan

Rasa haus yang berlebihan adalah salah satu gejala umum gula darah tinggi. Jika Anda terus merasa haus meskipun sudah minum banyak air, ini bisa menjadi petunjuk bahwa kadar gula darah Anda terlalu tinggi.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Makan Ikan Lele untuk Kesehatan Tubuh Anda

2. Sering Buang Air Kecil

Ketika kadar gula darah tinggi, ginjal bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan gula melalui urine, sehingga menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil.

3. Kelelahan Berlebihan

Merasa lelah terus-menerus meskipun sudah cukup tidur, makan sehat, dan berolahraga adalah gejala lain dari gula darah tinggi. Peningkatan glukosa dapat menyebabkan penurunan energi dan rasa lelah.

4. Penglihatan Kabur

Gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah kecil di mata, sehingga menyebabkan penglihatan kabur dan membuat sulit untuk fokus.

5. Rasa Lapar Berlebihan

Kadar gula darah tinggi bisa memicu rasa lapar yang terus-menerus karena tubuh berusaha mengembalikan gula darah ke tingkat normal, yang membuat seseorang sulit merasa kenyang.

Baca Juga: 11 Manfaat Minum Teh bagi Kesehatan Anda, Salah Satunya Kurangi Stres

6. Gerakan Tubuh Melambat

Tubuh yang terasa lamban dan lemas bisa menjadi gejala gula darah tinggi, akibat lonjakan insulin yang menyebabkan energi tubuh menjadi tidak stabil.

7. Masalah Kulit

Lonjakan gula darah dapat memicu masalah kulit, seperti jerawat atau infeksi kulit lainnya, karena perubahan hormon yang dipicu oleh insulin.

8. Keinginan yang Kuat untuk Makanan Manis

Gula darah tinggi bisa menyebabkan keinginan berlebihan untuk makanan manis, karena tubuh menjadi ketagihan gula.

9. Penurunan Berat Badan yang Tanpa Sebab

Jika tubuh mulai membakar lemak dan otot untuk energi karena gula tidak bisa digunakan dengan baik, penurunan berat badan tanpa sebab dapat terjadi.

Baca Juga: Hindari 10 Buah Ini Jika Menderita Diabetes, Cek Daftarnya Berikut!

10. Luka yang Lama Sembuh

Kadar gula darah yang tinggi dapat mengganggu penyembuhan luka akibat kerusakan saraf dan pembuluh darah.

11. Nyeri atau Mati Rasa pada Kaki

Tingginya gula darah bisa menyebabkan kerusakan saraf, terutama di kaki, sehingga menyebabkan rasa kesemutan, nyeri, atau mati rasa yang dikenal sebagai neuropati diabetik.

Demikian ulasan terkait apa yang dirasakan jika gula darah tinggi dalam tubuh. Penting untuk mengenali gejala-gejala ini dan segera mengambil tindakan, seperti mengatur pola makan, berolahraga, dan mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Rekomendasi Tanaman Dalam Ruangan untuk Rumah Minimalis agar Lebih Menarik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas