Apabila ibu kota baru di Samboja, Bumi Serpong Damai (BSDE) bisa ketiban untung



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar yang beredar, pemindahan ibu kota baru akan jatuh di Samboja, Kalimantan Timur. Jarak tempuh Samboja-Balikpapan sekitar 47 km, sedangkan Samboja-Balikpapan sejauh 87 km. 

"Kami memproyeksikan akan ada sentimen positif bagi beberapa pengembang properti terutama yang memiliki land bank di Kalimantan Timur," jelas Analis Sucor Sekuritas, Joey Faustian, Senin (26/8). 

Baca Juga: Demi dorong sektor riil, analis ini sarankan BI untuk kembali pangkas suku bunga

Sebelumnya, Kontan.co.id telah mempublikasikan data land bank milik PT Ciputra Development Tbk (CTRA) di wilayah Kalimantan Timur. 

Selain itu, Joey menyebut, PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) juga akan terimbas sentimen tersebut. BSDE memiliki land bank lebih dari 500 hektare di Kalimantan Timur. Adapun, sebanyak lebih dari 270 hektare di Balikpapan dan sebanyak 245 hektare di Samarinda. 

"Apabila kabar tersebut benar, BSDE akan menjadi yang paling diuntungkan karena Samboja dekat dengan Balikpapan," ujar dia. 

Adapun, CTRA memiliki land bank lebih luas yaitu 870 hektare di Kalimantan. Sebanyak 590 hektare berlokasi di Samarinda dan seluas 30 hektare di Balikpapan. 

Baca Juga: Demi dorong sektor riil, analis ini sarankan BI untuk kembali pangkas suku bunga

Analis Samuel Sekuritas Selvie Ocktaviani juga menambahkan selain properti, emiten konstruksi juga akan diuntungkan. "Karena proyek pembangunan akan besar, tidak mungkin sanggup diserap oleh salah satu emiten saja," jelas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli