Apakah Aman Konsumsi Pepaya untuk Diabetes? Ini Jawabannya



MOMSMONEY.ID - Diabetes adalah kondisi kesehatan yang membutuhkan pengawasan ketat terhadap asupan makanan, terutama yang berpengaruh pada kadar gula darah. Pepaya seringkali menjadi topik diskusi mengenai keamanannya bagi penderita diabetes. Lantas, apakah aman konsumsi pepaya untuk diabetes?

MomsMoney akan mengulas lebih dalam apakah aman konsumsi pepaya untuk diabetes atau tidak. Simak sampai akhir ya!

Apakah Aman Konsumsi Pepaya untuk Diabetes?


Bersumber dari Alodokter, pepaya termasuk buah yang aman untuk diabetes karena memiliki indeks glikemik sedang, yang berarti tidak meningkatkan kadar gula darah secara cepat.

Buah ini juga kaya akan serat, yang dapat membantu menghasilkan rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk mengonsumsi camilan yang dapat meningkatkan gula darah.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam pepaya juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Orang dengan riwayat diabetes disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, termasuk sayuran dan buah-buahan.

Baca Juga: Khasiat Kayu Manis untuk Diabetes, Benarkah Efektif?

Dikutip dari laman Halodoc, pepaya fermentasi merupakan salah satu jenis buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Konsumsi rutin pepaya fermentasi dikatakan dapat membantu menurunkan kadar gula darah, karena proses fermentasi stabilkan kadar gula dalam buah.

Meskipun demikian, buah pepaya segar tetap dapat dikonsumsi oleh pengidap diabetes, namun dengan porsi yang terkontrol.

Karena pepaya segar mengandung air dan gula dalam jumlah yang relatif lebih tinggi, sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan untuk menghindari peningkatan gula darah yang tidak diinginkan.

Pengidap diabetes biasanya rutin mengonsumsi obat-obatan untuk mengendalikan dan menurunkan kadar gula darah. Oleh karena itu, penting untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi pepaya, karena bisa berisiko menurunkan kadar gula darah terlalu drastis, yang dapat memicu hipoglikemia.

Buah yang Baik untuk Diabetes Lainnya

Selain pepaya, di bawah ini ada beberapa buah yang baik untuk diabetes lainnya, di antaranya:

1. Stroberi

Stroberi tinggi serat dan sebaiknya dikonsumsi langsung untuk mendapatkan manfaat vitamin C secara optimal. Stroberi juga berpotensi meningkatkan sensitivitas insulin, yang membantu pengaturan gula darah.

Baca Juga: Mengulik Manfaat Kunyit Putih untuk Asam Lambung, Cek 10 Manfaat Lainnya

2. Alpukat

Alpukat dikenal kaya akan lemak baik yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Buah ini dapat membantu menjaga berat badan ideal, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Konsumsi alpukat tidak menyebabkan kenaikan gula darah yang tajam dan merupakan sumber serat yang baik.

3. Apel

Apel dikenal sebagai buah yang rendah kalori dan karbohidrat serta kaya akan serat dan vitamin C. Dari kulitnya saja, apel sudah bisa memenuhi hampir 20% kebutuhan serat harian dan mengandung banyak antioksidan.

4. Jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik, dimana satu jeruk dapat memenuhi sekitar 78% kebutuhan vitamin C harian.

Jeruk juga mengandung folat dan kalium yang membantu stabilisasi tekanan darah. Hal ini membuatnya aman dan baik untuk penderita diabetes karena kandungan karbohidrat dan kalorinya yang rendah.

Baca Juga: 10 Bahan Alami untuk Mengobati Kolesterol, Mari Simak Berikut Ini!

5. Pir

Pir adalah buah yang rendah karbohidrat namun tinggi serat, menjadikannya pilihan yang aman untuk penderita diabetes. Pir dapat dikonsumsi langsung atau ditambahkan ke dalam salad atau diolah menjadi jus.

6. Jambu biji

Penelitian telah menunjukkan bahwa jambu biji memiliki indeks glikemik rendah. Buah jambu biji merupakan sumber vitamin C yang baik, serta mengandung nutrisi lain seperti folat, beta karoten, dan protein, sehingga sangat baik untuk penderita diabetes.

7. Ceri

Ceri mengandung antioksidan dan kalium yang bisa meningkatkan imunitas pada penderita diabetes. Bahkan ceri kalengan yang sering digunakan sebagai hiasan kue, masih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes selama tidak ditambahkan gula.

Baca Juga: 6 Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Hempas Kolesterol Jahat!

Demikianlah ulasan terkait apakah aman konsumsi pepaya untuk diabetes atau tidak serta rekomendasi buah lainnya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Ini 3 Cara Login Instagram yang Lupa Kata Sandi dengan Bantuan Nomor HP dan Email

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas