Apakah Aman Konsumsi Telur Rebus untuk Asam Lambung?



MOMSMONEY.ID - Telur rebus sering kali menjadi pilihan bagi banyak orang sebagai sumber protein. Namun, bagi mereka yang mengalami masalah dengan asam lambung, pemilihan makanan dapat menjadi sangat penting. Apakah aman konsumsi telur rebus untuk asam lambung?

Konsumsi telur rebus untuk asam lambung termasuk aman, namun dengan beberapa catatan. Bagian putih telur sangat direkomendasikan karena memiliki kandungan asam rendah dan protein yang tinggi yang dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Selain itu, putih telur juga memiliki kandungan lemak yang rendah.

Dikutip dari Halo Sehat, penderita asam lambung sebaiknya menghindari kuning telur dan hanya mengonsumsi putih telurnya. Kuning telur mengandung lemak tinggi yang bisa memperparah kondisi asam lambung. Lemak tinggi adalah faktor yang dapat meningkatkan asam lambung dengan cepat.


Mengolah telur dengan cara direbus merupakan pilihan terbaik untuk penderita asam lambung. Berbeda dengan telur goreng, telur rebus tidak menambah lemak atau kolesterol yang dapat memperburuk kondisi.

Telur rebus kaya akan protein, vitamin B12, kolin, selenium, dan vitamin D, menyediakan nutrisi penting tanpa memicu gejala asam lambung. Telur ayam khususnya, direkomendasikan karena lebih mudah dicerna di dalam lambung.

Baca Juga: Mengulik Fakta, Benarkah Terlalu Lama Duduk Menyebabkan Ambeien

Menyadur dari Grid Health, Berikut adalah beberapa keuntungan dari mengonsumsi telur rebus untuk asam lambung:

1. Membantu Menjaga Berat Badan

Karena telur kaya protein, makan telur bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini penting karena kelebihan berat badan bisa memperparah asam lambung.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Telur mengandung choline, sebuah zat yang membantu menjaga saluran pencernaan tetap sehat dan mencegah peradangan.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Perut Buncit, Bisa Timbulkan Penyakit Ini lo

3. Protein yang Mudah Dicerna

Telur adalah sumber protein yang baik dan mudah dicerna, yang tidak memicu produksi asam lambung berlebihan.

4. Sumber Vitamin B12

Telur juga mengandung vitamin B12 yang membantu menjaga sel-sel di saluran pencernaan dan memperbaiki kerusakan akibat iritasi atau peradangan.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Karena Apa? Ternyata Ini Beberapa Penyebabnya

5. Menyediakan Nutrisi Penting Lainnya

Telur juga kaya akan vitamin D, vitamin A, fosfor, dan selenium yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan secara umum.

Itulah ulasan lengkap terkait keamanan telur rebus untuk asam lambung. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Transaksi Mobile Banking Sejumlah Bank Syariah Melesat pada Semester I-2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas