Apakah Buah Nanas Bagus untuk Diet Menurunkan Berat Badan? Ini Faktanya



MOMSMONEY.ID - Mari mengulik fakta, apakah buah nanas bagus untuk diet menurunkan berat badan atau tidak di sini!

Nanas tidak hanya enak, buah ini juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Disebut-sebut nanas bisa menjadi bagian dari diet penurunan berat badan yang efektif.

Lantas, apakah buah nanas bagus untuk diet menurunkan berat badan sebenarnya? MomsMoney akan mengulasnya di sini!


Baca Juga: Berapa Nilai Normal Gula Darah Puasa? Ayo Cek di Sini

Apakah Buah Nanas Bagus untuk Diet Menurunkan Berat Badan?

Buah nanas dikenal bagus untuk diet karena memiliki kalori yang rendah dan kadar air yang tinggi. Satu cangkir nanas hanya mengandung sekitar 142 kalori, sehingga menjadikannya camilan rendah kalori yang baik bagi mereka yang ingin mengontrol asupan kalori.

Melansir dari Very Well Health, nanas juga mengandung serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa membantu mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Selain itu, nanas kaya akan vitamin C, serat, dan enzim bromelain, yang membantu pencernaan dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Meskipun bromelain membantu proses pencernaan, tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mengklaim bahwa nanas secara langsung menyebabkan penurunan berat badan.

Baca Juga: 6 Tips Pakai Skincare agar Kulit Awet Muda, Anda Harus Tahu

Sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa cuka nanas dapat memberikan beberapa efek positif pada tikus yang mengalami obesitas, seperti:

  • Regulasi gen yang berkaitan dengan obesitas
  • Perubahan mikrobiota usus yang bisa mempengaruhi berat badan
  • Pengurangan peradangan
  • Peningkatan kadar antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat lemak berlebih
Meskipun nanas dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori, diet yang terlalu membatasi asupan kalori dapat menyebabkan kekurangan nutrisi. Jadi, penting untuk menjalankan diet seimbang dengan mempertimbangkan asupan gizi lainnya.

Baca Juga: 21 Buah Terbaik biar Kulit Glowing dan Awet Muda, Inilah Daftarnya

Kapan Waktu Terbaik Makan Buah Nanas untuk Diet?

Waktu konsumsi nanas dapat memengaruhi manfaatnya tergantung pada tujuan kesehatan Anda. Di pagi hari, nanas bisa memberikan energi cepat karena kandungan gula alami dan vitamin C-nya.

Kandungan serat, vitamin, dan mineral dalam nanas juga membantu menjaga kesehatan tubuh sepanjang hari.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa nanas mengandung melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur.

Dengan mengonsumsi nanas di malam hari, Anda bisa meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh, yang dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Kualitas tidur yang baik penting untuk menurunkan berat badan, karena membantu mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan.

Namun, nanas juga mengandung gula alami yang bisa meningkatkan kadar gula darah, sehingga penderita diabetes harus berhati-hati dalam mengonsumsinya, terutama di malam hari.

Baca Juga: Ini Dia Penyakit Akibat Malas Gerak yang Harus Anda Waspadai

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Konsumsi Buah Nanas

Berikut beberapa tips berbasis bukti untuk menggunakan nanas dalam diet Anda:

  • Pasangkan nanas dengan protein: Kombinasikan nanas dengan makanan kaya protein seperti yogurt tanpa gula, kacang-kacangan, atau keju cottage untuk menjaga rasa kenyang lebih lama.
  • Konsumsi nanas sebelum berolahraga: Karbohidrat dalam nanas menyediakan energi yang cepat dan bisa meningkatkan performa olahraga Anda.
  • Masukkan nanas ke dalam makanan seimbang: Nanas cocok dijadikan tambahan dalam salad atau tumisan bersama dengan protein tanpa lemak seperti ayam atau ikan.
Baca Juga: 13 Makanan yang Tidak Bagus untuk Kulit Anda, Bikin Rentan Jerawatan

Demikianlah ulasan terkait apakah buah nanas bagus untuk diet menurunkan berat badan atau tidak. Konsumsi buah nanas dipadukan dengan pola makan seimbang dan olahraga teratur adalah kunci keberhasilan diet yang efektif. Semoga bermanfaat, ya.

Tonton: 6 Aturan Diet ala Orang Jepang Tanpa Menyiksa Tubuh, Penuh Gizi dan Tak Bikin Lapar

Selanjutnya: Qatar National Bank (QNB) Divestasi 1,42 Miliar Saham di BKSW

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas