Apakah Cumi-Cumi Mengandung Kolesterol? Ketahui Faktanya di Sini



MOMSMONEY.ID - Cumi-cumi adalah salah satu seafood yang populer di seluruh dunia. Meskipun menjadi favorit, pertanyaan sering muncul mengenai kandungan kolesterolnya. Apakah cumi-cumi mengandung kolesterol?

Secara umum, hampir semua jenis seafood, termasuk cumi-cumi, mengandung kolesterol. Dikutip dari Healthline, 3 ons cumi-cumi mentah mengandung sekitar 198 miligram kolesterol dan 13,2 gram protein, dengan hanya 0,3 gram lemak jenuh total.

Cumi-cumi juga mengandung jenis lemak yang lebih sehat, yaitu 0,09 gram lemak tak jenuh tunggal dan 0,4 gram lemak tak jenuh ganda.


Baca Juga: Ini 7 Cara Mengendalikan Emosi dalam Diri yang Dapat Anda Coba

Penting untuk memahami bahwa kolesterol dalam makanan tidak selalu berdampak langsung buruk terhadap kolesterol dalam darah.

Justru yang mempengaruhinya adalah kandungan lemak jenuh dan lemak trans dalam makanan. Cumi-cumi memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah.

Namun, jika cumi-cumi digoreng, total lemaknya, termasuk lemak jenuhnya, bisa bertambah. Dengan kata lain, makanan yang sebenarnya cukup sehat bisa jadi tidak sehat jika diolah dengan cara tertentu.

Baca Juga: 10 Kegiatan Sehari-hari yang Efektif Membakar Kalori Anda, Apa Saja?

American Heart Association menyarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 5-6 persen dari total kalori harian Anda dari lemak jenuh jika ingin menurunkan kolesterol LDL atau jahat. Mereka juga menyarankan untuk mengurangi atau menghindari lemak trans.

Disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi lemak tak jenuh, termasuk lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak ini bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL atau baik, yang dapat membantu mengurangi LDL yang buruk.

Jadi, apakah cumi-cumi mengandung kolesterol? Jawabannya adalah iya. Kolesterol yang terkandung dalam 3 ons cumi-cumi mentah adalah sekitar 198 miligram. Cumi-cumi masuk dalam daftar makanan yang tinggi kolesterol.

Oleh karena itu, Anda harus membatasi jumlah konsumsi cumi-cumi, ya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Rekomendasi Kuliner Khas Lampung yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas