Apakah Kentang Bagus untuk Diet atau Tidak? Cek Faktanya di Sini, yuk



MOMSMONEY.ID - Apakah kentang bagus untuk diet atau tidak? Pertanyaan itu mungkin yang ada di pikiran sebagian orang yang ingin menjalani diet.

Sebab, tersebar informasi di masyarakat bahwa kentang justru dapat menambah berat badan.

Pada kesempatan ini, Momsmoney akan mengulas apakah kentang bagus untuk diet atau tidak. Yuk, simak dengan seksama.


Ya, kentang bagus untuk diet

Mengapa kentang bisa menjadi andalan dalam diet penurunan berat badan? Kunci dari efektivitasnya terletak pada kemampuannya untuk menciptakan defisit kalori.

Kentang adalah makanan yang rendah kalori namun kaya akan serat dan air, yang mendukung rasa kenyang yang lebih lama.

Dengan membatasi makanan lain, hanya mengonsumsi kentang dapat signifikan mengurangi asupan kalori total, yang secara langsung mendukung penurunan berat badan, terutama jika dikombinasikan dengan peningkatan aktivitas fisik.

Baca Juga: 8 Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Apa Saja ya?

Melansir dari laman LifeMD, kentang juga merupakan sumber nutrisi yang kaya, menyediakan vitamin C, potasium, dan vitamin B6.

Tingginya kandungan potasium dalam kentang bermanfaat untuk mengurangi retensi air, membantu meminimalkan pembengkakan dan memperbaiki penampilan fisik secara keseluruhan.

Serat yang terdapat dalam kentang, terutama ketika dikonsumsi dengan kulitnya, berperan penting dalam mengelola berat badan.

Serat tidak hanya mengurangi nafsu makan dengan memperpanjang rasa kenyang, tetapi juga membantu menciptakan defisit kalori yang diperlukan untuk menurunkan berat badan.

Pati resisten yang terdapat dalam kentang juga berfungsi untuk memberi makan bakteri baik di usus, yang dapat meningkatkan metabolisme dan mendukung penurunan berat badan lebih lanjut.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Ini 5 Alasan Gula Tidak Baik untuk Tubuh Anda

Sebagai karbohidrat utuh yang tidak diproses, kentang membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna, yang meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh selama pencernaan.

Proses ini, yang dikenal sebagai efek termogenik, dapat membantu mempercepat penurunan berat badan ketika kentang dikonsumsi dalam bentuk yang tidak diolah dengan lemak tambahan seperti mentega atau keju.

Ini menjadikan kentang pilihan yang baik untuk mempertahankan rasa kenyang sambil membatasi kalori, serta mendukung upaya penurunan berat badan dengan efektif.

Demikianlah ulasan apakah kentang bagus untuk diet atau tidak. Jawabannya, adalah iya. Anda dapat memasukkan kentang ke dalam menu diet untuk menyukseskan penurunan berat badan Anda. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas