Apakah Kuning Telur Bagus untuk Diet? Ini Faktanya



MOMSMONEY.ID - Meskipun beberapa orang menghindarinya karena alasan kolesterol, kuning telur sebenarnya menyimpan beragam nutrisi yang bisa memberikan manfaat kesehatan, terutama bagi mereka yang sedang menjalani diet menurunkan berat badan, lo. Lantas, apakah kuning telur bagus untuk diet?

MomsMoney akan mengulasnya pada kesempatan kali ini. Simak sampai akhir, ya!

Apakah Kuning Telur Bagus untuk Diet?


Banyak orang cenderung memilih putih telur karena kandungan kalorinya yang rendah dan kepercayaan bahwa kuning telur dapat menyebabkan peningkatan berat badan serta kolesterol.

Namun, menghilangkan kuning telur dari diet berarti kehilangan berbagai vitamin dan mineral yang larut dalam lemak dan air yang penting.

Baca Juga: Seperti Apa Ciri-Ciri Depresi pada Pria? Yuk, Cek Selengkapnya di Sini

Melansir dari laman Healthify Me, kuning telur kaya akan protein dan nutrisi lain yang mendukung pengelolaan berat badan yang efektif. Selain itu, kuning telur merupakan sumber vitamin D yang esensial untuk penyerapan kalsium.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda merasa cukup kenyang setelah menyantap telur di pagi hari? Hal ini terjadi karena protein yang terkandung dalam kuning telur.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi telur secara utuh dapat membantu mengendalikan jumlah makanan yang Anda konsumsi sepanjang hari dan secara bersamaan mengurangi total kalori yang dikonsumsi. Hal inilah yang pada akhirnya dapat mendukung penurunan berat badan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Teh Herbal untuk Mengusir Stres, Tertarik Coba?

Bagaimana Telur Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

Melansir dari LifeMD, telur efektif untuk menurunkan berat badan berkat beberapa faktor kunci, seperti:

1. Tinggi Protein

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi yang dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama. Diet yang kaya protein dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi camilan tinggi kalori antara waktu makan, yang sering menyebabkan peningkatan berat badan.

Selain itu, tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk memetabolisme protein dibandingkan dengan lemak atau karbohidrat, sehingga meningkatkan konsumsi protein dapat secara efektif meningkatkan laju metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori sehari-hari.

Protein juga berperan penting dalam mempertahankan massa otot selama proses penurunan berat badan, memastikan bahwa yang dibakar adalah lemak dan bukan otot. Hal ini membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ramping dan kencang.

Baca Juga: Sering Mengganggu Aktivitas, Begini 10 Cara Mengatasi Anxiety yang Efektif

2. Makanan Rendah Kalori dan Kaya Nutrisi

Telur menawarkan kaya akan asam amino esensial, vitamin, dan mineral tanpa memberikan kalori berlebih. Sebuah telur berukuran besar mengandung hanya sekitar 70 kalori namun mengemas nutrisi seperti vitamin A, B, D, dan E yang mendukung tubuh yang sehat dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Telur juga menyediakan kalsium, niasin, dan zat besi, yang esensial untuk mendukung tulang yang kuat, kesehatan otak, kulit yang sehat, dan pertumbuhan otot.

3. Fleksibilitas

Anda dapat menikmati telur dalam berbagai bentuk, seperti orak-arik, rebus, dan memadukannya dengan berbagai makanan lain untuk membuat hidangan yang lezat dan bergizi.

Fleksibilitas ini penting untuk menjaga konsistensi dalam mengikuti diet jangka panjang dan menghindari rasa bosan dengan pilihan makanan.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 12 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Sangat Menyehatkan

4. Stabilitas Gula Darah

Dengan kandungan karbohidrat yang rendah, telur dapat membantu menjaga stabilitas gula darah, sehingga menghindari lonjakan dan penurunan yang dapat menyebabkan keinginan makan berlebihan.

Ini merupakan keuntungan penting untuk kontrol nafsu makan yang lebih baik, membantu dalam mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dan mendukung penurunan berat badan berkelanjutan.

5. Meningkatkan Metabolisme

Nutrisi dalam telur, termasuk vitamin B dan selenium, mendukung kesehatan metabolisme yang efisien. Nutrisi ini membantu menjaga metabolisme tetap aktif dan mencegah gangguan yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan, sehingga membantu dalam upaya penurunan berat badan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Diet yang Benar? Pemula Harus Tahu Tips dan Trik Berikut

Demikianlah ulasan lengkap terkait, apakah kuning telur bagus untuk diet atau tidak. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas