Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Minum Teh Manis? Ini Jawabannya



MOMSMONEY.ID - Banyak ditanyakan, apakah penderita asam lambung boleh minum teh manis?

Penderita asam lambung sering kali harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman untuk menghindari kambuhnya gejala seperti nyeri ulu hati, rasa terbakar di dada, dan perut kembung.

Salah satu minuman yang sering dipertanyakan oleh penderita asam lambung adalah teh manis.


Apakah penderita asam lambung boleh minum teh manis sebenarnya? Penderita asam lambung disarankan untuk menghindari teh. Ini karena teh mengandung kafein yang dapat merangsang produksi asam lambung berlebih.

Namun, jika Anda sedang tidak mengalami gejala, Anda masih bisa mengonsumsi teh dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Baca Juga: 9 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari yang Tak Banyak Orang Tahu

Di sisi lain, rupanya ada sejumlah teh bebas kafein yang aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung, lho. Merangkum dari laman Health Central dan Gastro Center, inilah daftarnya:

1. Teh chamomile

Chamomile telah digunakan sebagai obat herbal selama berabad-abad dan terbukti membantu meredakan sakit perut serta mengurangi asam lambung.

Namun, bagi mereka yang memiliki alergi terhadap tanaman ragweed atau aster, perlu berhati-hati atau sebaiknya menghindari teh chamomile.

2. Teh licorice

Teh licorice dikenal bermanfaat bagi penderita asam lambung. Licorice sering digunakan untuk mengurangi sakit perut dan mengatasi gangguan pencernaan seperti ulkus.

Meski bermanfaat, teh ini tidak cocok untuk semua orang, terutama wanita hamil atau mereka yang sedang minum obat resep. Konsultasi dengan dokter sangat dianjurkan sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga: 15 Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal Anda, Ketahui Ada Apa Saja

3. Teh jahe

Jahe telah lama digunakan untuk meredakan mual dan gangguan pencernaan. Anda bisa membuat teh jahe dengan menyeduh jahe parut dengan air panas, lalu menyaringnya.

Untuk mengurangi rasa pedas, bisa ditambahkan sedikit sirup maple. Menurut tinjauan di Journal of Food and Chemical Toxicology, jahe adalah pilihan aman untuk penderita asam lambung.

4. Teh tulsi

Teh tulsi berasal dari tanaman Ocimum sanctum, yang juga dikenal sebagai basil suci. Berbeda dengan basil untuk masakan, basil suci sering digunakan dalam pengobatan tradisional India.

Teh tulsi bisa membantu mengatasi masalah pencernaan seperti asam lambung dengan menurunkan produksi asam lambung dan mendukung kesehatan sel mukosa.

Selain itu, tulsi memiliki sifat anti-stres, anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga: 8 Tips Menjaga Ginjal agar Tetap Sehat, Yuk Terapkan!

Teh-teh ini menawarkan alternatif yang aman bagi penderita asam lambung dan juga memberikan banyak manfaat tambahan bagi kesehatan.

Itulah ulasan lengkap terkait apakah penderita asam lambung boleh minum teh manis atau tidak.

Pada dasarnya, penderita asam lambung sebaiknya harus menghindari teh manis karena kandungan kafein di dalamnya. Kafein dapat memicu kekambuhan asam lambung. 

Tonton: 9 Tanda Diabetes yang Bisa Muncul pada Kulit, Jarang Diketahui

Selanjutnya: 5 Promo BCA Payday 25-31 Oktober 2024 di Chatime, Cupbop, hingga Gindaco

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas