Aplikasi Leastric untuk Pantau Penggunaan Listrik dalam Bisnis



MOMSMONEY.ID - Aplikasi Leastric bisa pelanggan gunakan untuk memantau penggunaan listrik dalam bisnis.

Industri saat ini tengah bergerak dalam aksi menciptakan lingkungan yang lebih hijau. Salah satunya, dengan menghemat penggunaan listrik. 

Namun, aksi menghemat listrik bukanlah kegiatan yang mudah. Melainkan dibutuhkan kedisiplinan manusia untuk mengaturnya. Sayangnya, seringkali kedisiplinan manusia sulit konsisten dijalankan karena faktor lupa. 


Bagi perusahaan atau para pemilik bisnis, pengeluaran untuk operasional listrik perlu dikontrol agar tidak boncos. Dalam memonitor dan mengelola penggunaan listrik perushaan, para pelaku bisnis bisa memanfaatkan solusi yang diberikan oleh Leastric. 

PT Leastric Teknologi Indonesia adalah startup yang memberikan solusi untuk memonitor dan mengelola penggunaan listrik pada aktivitas bisnis. Leastric dapat membantu untuk memperkirakan biaya tagihan dengan mengestimasi serta memberitahu konsumsi dari penggunaan listrik. 

Leastric memanfaatkan AI untuk mendeteksi dan mengelola alat elektronik serta memberikan saran mana elektronik yang perlu dikurangi atau dimatikan. 

Baca Juga: Peralatan Rumah Tangga Modern Ini Bisa Jadi Solusi Cerdas untuk Keseharian Anda

Dalam melakukan penghematan tersebut, Leastric menggunakan sensor yang terpasang di tempat usaha. Dengan begitu, data listrik pengguna bisa dilihat melalui aplikasi maupun web dasboard

"Alat monitor listrik dari Leastric berupa IoT device yang dipasang di dalam panel listrik, bukan dipasang di meteran PLN, ya, karena hal itu dilarang," kata Marilyn M.Y.D. Parhusip CEO Leastric, Kamis (17/10).

Sedangkan untuk pemasangan alat di rumah, diletakkan pada mini circuit breaker. 

Marilyn mencontohkan, para pemilik gedung yang menyewakan kepada pihak lain, bisa menggunakan Leastric untuk memonitor penggunaan listrik secara transparan.

"Pemilik gedung dan pihak yang menyewa bisa saling merasa transparan ketika harus membayar tagihan listrik," ujar Marilyn. 

Selanjutnya, untuk perusahaan manufaktur, Leastric bisa dimanfaatkan untuk menghemat listrik, karena Leastric dapat memonitor penggunaan tiap ruangan maupun lantai gedung.

Jika ada ruangan yang sudah tidak dipakai tetapi AC atau lampunya masih nyala itu bisa otomatis dimatikan dengan mengintegrasikan ke smart device.

Selanjutnya: 20 Referensi Ucapan Selamat Pelantikan Presiden 2024 untuk Jadi Caption di Medsos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Danielisa Putriadita