Aplikasi obrolan Discord meraup US$ 500 juta pendanaan baru



KONTAN.CO.ID - SAN FRANSISCO. Platform obrolan Discord telah mengumpulkan US$ 500 juta dalam putaran pendanaan baru yang dipimpin oleh perusahaan investasi Dragoneer Investment Group.

Mengutip Bloomberg, kesepakatan ini menghasilkan total valuasi Discord sekitar US$ 15 miliar. Capaian tersebut lebih dari dua kali lipat dari valuasi  US$ 7 miliar yang diberikan investor kepada perusahaan selama putaran pendanaan tahun lalu.

“Baillie Gifford & Co, Coatue Management, Fidelity Management & Research Co dan Franklin Templeton juga berpartisipasi dalam pembiayaan, bersama investor yang ada," kata juru bicara Discord.

Baca Juga: Discord rayakan ulang tahun yang ke-6 tahun, ini penampakan logo barunya

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email, Jason Citron, salah satu pendiri dan CEO Discord, mengatakan bahwa modal baru akan digunakan untuk berinvestasi dalam fitur dan alat baru dan memperluas tenaga kerja perusahaan.

Discord tumbuh dengan sangat cepat selama pandemi Covid-19 dan pertama kali digunakan oleh videogamer, meskipun aplikasi tersebut kini telah berkembang di seluruh komunitas dan untuk acara mulai dari klub komedi hingga pesta karaoke.

Pertumbuhan yang cepat tersebut membuat beberapa perusahaan mendekati Discord untuk akuisisi. Salah satunya, Microsoft Corp yang menawar hingga US$ 12 miliar namun diskusi berakhir dengan Discord menolak tawaran pada musim semi ini.

Baca Juga: Discord tambahkan fitur Stage Channel, serupa dengan Clubhouse

Editor: Wahyu T.Rahmawati