KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bicara soal target penjualan mobil sedan buntung alias hatchback, para Agen Pemegang Merek (APM) cenderung konservatif lantaran kondisi pasar otomotif belum memperlihatkan perkembangan akan bertumbuh. Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan Honda paling tidak tahun ini berusaha mempertahankan perolehan pangsa pasar yang sama dengan tahun lalu. "Sekitar 40% di Honda Jazz dan 5% dari Honda Civic Hatchback," sebutnya kepada Kontan.co.id, Jumat (7/2).
Dari data Gabungan Industri Kendaraan Indonesia (Gaikindo), sepanjang tahun 2019 volume penjualan untuk Honda Jazz mencapai 12.618 unit atau turun 14,7% dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 14.270 unit. Hal yang sama terjadi pula di model Honda Civic Hatchback yang mengalami penurunan 13,9% year on year (yoy), dari 1.800 unit di tahun 2018 menjadi 1.579 unit di tahun 2019. Baca Juga: Honda Civic Hatchback RS dan Suzuki New Baleno Ramaikan Pasar Mobil Hatchback Target yang cenderung tak agresif juga ditunjukkan Suzuki, di mana manajemen sempat mengatakan mematok penguasaan pangsa pasar hatchback sekitar 20%.