TOKYO. Konsumen dari Jepang terkenal menetapkan standar yang tinggi untuk beberapa aspek. Maka, jika suatu produk bisa menembus pasar Jepang, hal itu jadi catatan bagi pembeli negara lain. Namun, tidak mudah mempertahankan konsumen Jepang. "Selalu ada tantangannya," jelas Tan Ui San, Chairman Asia Pulp and Paper Japan (APPJ) yang memasok pasar kertas fotokopi di Jepang, Senin (12/12). Ketika ada isu negatif soal pengelolaan hutan, misalnya, banyak pembeli dari Jepang berganti pemasok. Sebaliknya, ada pula pembeli yang loyal. APPJ mengalami hal ini dengan Askul Corporation, pembeli mereka sejak tahun 2000.
APPJ penuhi standar demi pasar kertas Jepang
TOKYO. Konsumen dari Jepang terkenal menetapkan standar yang tinggi untuk beberapa aspek. Maka, jika suatu produk bisa menembus pasar Jepang, hal itu jadi catatan bagi pembeli negara lain. Namun, tidak mudah mempertahankan konsumen Jepang. "Selalu ada tantangannya," jelas Tan Ui San, Chairman Asia Pulp and Paper Japan (APPJ) yang memasok pasar kertas fotokopi di Jepang, Senin (12/12). Ketika ada isu negatif soal pengelolaan hutan, misalnya, banyak pembeli dari Jepang berganti pemasok. Sebaliknya, ada pula pembeli yang loyal. APPJ mengalami hal ini dengan Askul Corporation, pembeli mereka sejak tahun 2000.