April, Garuda buka dua rute baru di Jawa Timur



JAKARTA. Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) sedang gencar menambah rute penerbangan domestik terutama kota-kota kecil atau kota kedua di Indonesia. Pada April nanti, Garuda berencana membuka dua rute baru di wilayah Jawa Timur.

Frederik Johannes (Erik) Meijer, Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia bilang, kedua rute itu adalah Surabaya - Banyuwangi dan Surabaya - Jember. Dia bilang kedua bandara itu sedang dalam masa persiapan.

"Rencananya dibuka pada April mendatang," ungkap Erik kepada KONTAN, Senin (6/1). Dia bilang bahwa saat ini Garuda ingin membangun sebanyak mungkin rute feeder untuk rute jalur inti yang ke kota besar seperti Surabaya.


Erik mengatakan, bahwa saat ini pasar konsumen angkutan pesawat terbang di kota kecil terbilang cukup besar. Dia mencontohkan, di Banyuwangi banyak masyarakat yang melakukan ibadah umroh. Potensi inilah yang dilirik oleh Garuda.

"Selain Banyuwangi - Surabaya, kami juga siap membuka rute baru Surabaya - Jeddah. Agar yang mau umroh dari wilayah sekitar bisa melakukan penerbangan langsung (ke Arab Saudi)," ujar Erik.

Adapun rute penerbangan baru yang akan dibuka Garuda keberangkatan dari Denpasar, Makassar, Ambon dan Surabaya. Tujuan penerbangannya ke Labuan Bajo, Tambolaka, dan Ende di Nusa Tenggara Timur; Bima (Nusa Tenggara Barat); Banywangi dan Jember (Jawa Timur); Bau-bau dan Wangi-wangi (Sulawesi Tenggara); Luwuk (Sulawesi Tengah); Mamuju (Sulawesi Barat); Poso (Sulawesi Tengah); Kaimana (Papua); Raja Ampat (Papua Barat), serta Tual / Langgur (Maluku).

Armada pesawat yang akan digunakan Garuda untuk menerbangi rute-rute tersebut adalah ATR 72-600 dan Bombardier CRJ1000 NextGen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri