KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penurunan optimisme konsumen 1,8% menjadi 100,5 menjelang pemilu seperti dirilis Danareksa Research Institute (DRI) dinilai kalangan pengusaha sebagai penurunan psikologis. Sebab kendati turun, ini tidak menggambarkan jumlah transaksi retail. DRI merilis hasil optimisme konsumen yang turun dibanding bulan Januari 2019. Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) Februari 2019 turun 1,8% menjadi 100,5. "Penurunan itu lebih ke angka psikologis terhadap situasi menjelang pesta demokrasi," jelas Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (4/3).
Aprindo nilai penurunan optimisme konsumen jelang pemilu karena psikologis
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penurunan optimisme konsumen 1,8% menjadi 100,5 menjelang pemilu seperti dirilis Danareksa Research Institute (DRI) dinilai kalangan pengusaha sebagai penurunan psikologis. Sebab kendati turun, ini tidak menggambarkan jumlah transaksi retail. DRI merilis hasil optimisme konsumen yang turun dibanding bulan Januari 2019. Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) Februari 2019 turun 1,8% menjadi 100,5. "Penurunan itu lebih ke angka psikologis terhadap situasi menjelang pesta demokrasi," jelas Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (4/3).