Aqua Sudah Distribusikan Galon Guna Ulang PET di Jakarta dan Jabar Sejak Tahun Ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aqua telah mendistribusikan Aqua galon guna ulang berbahan polyethylene terephthalate (PET) secara luas ke wilayah Jakarta dan Jawa Barat sejak tahun 2024 ini. Hal ini merupakan bagian dari komitmen Aqua mendukung target bersih sampah 2025 yang diusung pemerintah.

Distribusi Aqua galon guna ulang berbahan PET mulai didistribusikan Aqua sejak 2019 lalu ke area Bali dan Sulawesi Utara. Produk ini menjadi varian pendamping dari produk kemasan Galon guna ulang berbahan polycarbonate (PC) yang lebih dahulu beredar. 

Rachmat Hidayat, Government and External Scientific Affairs Director Danone Indonesia, mengatakan, Aqua terus berupaya melakukan berbagai inisiatif dan aktivitas secara berkelanjutan, terutama dalam mendukung sinergi antara pelaku industri dengan pemerintah yang dapat memberikan dampak baik bagi ekonomi masyarakat dan mewujudkan kelestarian lingkungan. 


“Kedua varian produk Aqua kemasan galon guna ulang berbahan PET dan PC adalah wujud nyata komitmen kami untuk menghadirkan produk berkualitas yang keamanan, kualitas, dan kebersihannya selalu memenuhi standar keamanan pangan sesuai regulasi yang berlaku di Indonesia,” kata dia dalar keterangan resminya, Minggu (4/8)

Baca Juga: Kelola 20 Pabrik, Begini Cara Pengolahan Air di Pabrik Danone Indonesia   Sejak diperkenalkan pada 2019, kata dia, varian kemasan Galon Guna Ulang PET  ternyata diterima dengan baik oleh masyarakat. Di Bali khususnya, galon guna ulang PET dan PC dijual dan digunakan berdampingan. 

Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah melakukan kunjungan ke Pabrik Aqua di Mambal, Bali, pada 31 Juli 2024 lalu. Mereka melihat proses produksi pada produk kemasan Galon Guna Ulang, baik yang berbahan PC  maupun PET.   Merrijantij Punguan Pintaria, Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar, Kementerian Perindustrian mengatakan, inovasi Aqua  menghadirkan varian kemasan baru galon guna ulang PET yang ramah lingkungan serta senantiasa mengikuti pedoman SNI perlu dicontoh  pelaku industri lainnya. 

“Kami mengapresiasi komitmen Aqua untuk terus berinovasi pada produk-produknya agar bisa mengedepankan tanggung jawab terhadap lingkungan sekaligus memberikan manfaat  bagi masyarakat.” ujarnya.

Baca Juga: Lakukan Konservasi, Aqua Targetkan Efisiensi Penggunaan Air Mencapai 50% Pada 2030   Syuhada, Periset Ahli Madya bidang Polimer dari Pusat Riset Teknologi Polimer (PRTP) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan,  material PET merupakan bahan yangs ering digunakan oleh industri sebagai kemasan produk. Bahan tersebut bisa digunakan kembali sekaligus didaur ulang. 

“Seperti halnya PC, bahan PET juga aman digunakan tanpa perlu menimbulkan kekhawatiran di masyarakat apabila digunakan secara berulang, selama kualitas kemasannya memenuhi standar yang berlaku, melalui proses pencucian menyeluruh dan proses sterilisasi,” ujarnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk