Arab Saudi konfirmasi 4 kasus baru virus corona



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kesehatan Arab Saudi melaporkan empat kasus baru virus corona pada Senin (9/3) melalui akun Twitter-nya. Kasus pertama merupakan seseorang yang pernah melakukan kontak dengan pasien sebelumnya di Kota Qatif, Provinsi asy-Syarqiyah, Arab Saudi. 

Kasus kedua dan ketiga menimpa dua orang perempuan berpaspor Bahrain yang datang dari Irak dengan tujuan Bahrain. Sementara kasus keempat merupakan seorang warga AS yang tinggal di Arab Saudi. 

Baca Juga: Harga minyak anjlok, Pertamina bakal tambah impor crude

Ia diketahui pernah melakukan perjalanan ke Filipina dan Italia. Tiga kasus pertama kini tengah diisolasi di Rumah Sakit Qatif, sedangkan kasus terakhir ditempatkan di Rumah Sakit Riyadh. Dengan tambahan empat kasus itu, Arab Saudi memiliki total 15 kasus virus corona.

Penguncian Kota Qatif 

Gulf News memberitakan, Arab Saudi telah memberlakukan penguncian sementara sejak Minggu (8/3) di daerah Qatif. Qatif merupakan wilayah penghasil minyak di bagian timur Arab Saudi, sekaligus rumah bagi 11 pasien virus corona di Negara Petrodollar itu. 

Selain mengunci Qatif, pemerintah juga menangguhkan aktifitas sekolah dan univiersitas di seluruh negeri, terhitung sejak Senin ini. Pihak berwenang Saudi sebelumnya mengatakan bahwa mereka yang terinfeksi memiliki riwayat perjalanan ke Iran baru-baru ini. 

Editor: Handoyo .