Arah Rupiah Menanti Data Penjualan Ritel dan Klaim Pengangguran AS



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah melemah pada perdagangan Kamis (15/8). Rupiah spot ditutup melemah 0,16% ke Rp 15.700 per dolar Amerika Serikat (AS).

Pengamat Komoditas dan Mata Uang Lukman Leong mengatakan bahwa pelemahan rupiah akibat surplus data perdagangan Indonesia yang lebih lemah dari perkiraan. Ini seiring dengan kenaikan impor yang naik cukup besar.

"Sebelumnya, data ekonomi dari China seperti produksi industri, investasi dan tingkat pengangguran juga lebih lemah dari perkiraan ikut menekan rupiah," ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (15/8).


Baca Juga: Rupiah Spot Ditutup Melemah ke Rp 15.700 Per Dolar AS Pada Hari Ini (15/8)

Untuk Jumat (16/8), Lukman memperkirakan pergerakan rupiah menantikan data penjualan ritel AS dan klaim pengangguran AS malam ini. 

"Namun dengan penguatan rupiah yang sangat besar belakangan ini oleh inflow asing, rupiah masih berpotensi terkoreksi oleh aksi profit taking," jelasnya.

Direktur Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi berpandangan lebih optimis atas penguatan rupiah. Harga konsumen AS yang naik moderat pada bulan Juli dan peningkatan inflasi tahunan melambat menjadi di bawah 3% memperkuat ekspektasi bahwa the Fed akan memangkas suku bunga bulan depan.

Dari dalam negeri, utang luar negeri pemerintah kembali mencatat kontraksi pada kuartal II 2024. 

"Posisi utang luar negeri sebesar US$ 191 miliar, atau mencatat kontraksi pertumbuhan 0,8% YoY, berlanjut dari kontraksi pada kuartal sebelumnya sebesar 0,9% (YoY)," terangnya.

Karenanya, ia memperkirakan rupiah akan bergerak fluktuatif, tetapi ditutup menguat direntang Rp 15.630 - Rp 15.720 per dolar AS. Adapun Lukman memperkirakan rupiah direntang Rp 15.650 - Rp 15.800 per dolar AS.

Selanjutnya: Simak Rekomendasi Saham Teknikal AUTO, CPIN, dan PGEO untuk Jumat (16/8)

Menarik Dibaca: Daftar 11 Promo CFC dan Hokben Edisi Kemerdekaan 15-18 Agustus 2024 Mulai Rp 8.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi