Argentina Dapatkan Kredit Lebih dari US$ 1 Miliar dari Bank Dunia dan IDB



KONTAN.CO.ID -  BUENOS AIRES. Kementerian Ekonomi Argentina mengumumkan bahwa Bank Dunia (World Bank) dan Bank Pembangunan Inter-Amerika (IDB) akan memberi Argentina kredit sebesar US$ 1 miliar lebih. Dana tersebut harus digunakan untuk pembangunan dan proyek energi.

Langkah tersebut dilakukan ketika Argentina tengah berjuang karena kekurangan uang untuk melunasi utangnya dan mematuhi program pembiayaan dengan badan keuangan internasional lainnya, seperti program pinjaman US$ 44 miliar dengan Dana Moneter Internasional (IMF).

Kementerian ekonomi Argentina mengatakan Bank Dunia memberikan US$ 900 juta dalam pembiayaan untuk proyek-proyek pembangunan di bidang energi bersih, perawatan kesehatan, dan infrastruktur tahan iklim.


Baca Juga: Inilah Negara-Negara yang Meninggalkan Dollar AS, Indonesia Juga

Negara tersebut, bersama dengan Uruguay, juga diberikan program kredit senilai US$ 400 juta dari IDB untuk meningkatkan pasokan di Kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Air Salto Grande dan memperpanjang umur fasilitas yang "berguna", kementerian menambahkan dalam pernyataan lain.

Dana tersebut datang saat Argentina menghadapi tantangan besar untuk menurunkan tingkat inflasi 100% lebih, mengisi kembali cadangan mata uang asing yang langka, dan mengatasi masalah sosial termasuk empat dari sepuluh orang yang hidup dalam kemiskinan.

Editor: Noverius Laoli